Best Viral Premium Blogger Templates

HMPS Perbankan Syariah Gelar Workshop, Ajak Mahasiswa Latih Public Speaking

parist  id
Jumat, April 01, 2022 | 06:46 WIB
  
HMPS Perbankan Syariah gelar workshop public speaking, bertempat di gedung SBSN lantai 1. (Foto: Inna/Paradigma)

PARIST.ID, Kampus - Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Perbankan Syariah mengadakan workshop Public Speaking dengan mengusung tema "No Longer a Listener, It's Time to be a Good Speaker ". Bertempat di Gedung SBSN lantai satu IAIN Kudus, acara tersebut dihadiri 40 peserta, Kamis (31/03/2022).

Selaku Ketua Panitia, Intan Noviana Sari, mengatakan tujuan diadakan workshop public speaking adalah guna melatih kemampuan berbicara yang baik. Mengingat kemampuan public speaking yang baik membawa pengaruh di lingkungan masyarakat.

"Sekarang kan public speaking sangat penting di lingkungan masyarakat, jadi kita perlu menjadi pembicara yang baik," ungkapnya.

Sekretaris prodi Perbankan Syariah, Ibnu Muttakin mengatakan selain teori dan praktik, juga perlu diimbangi dengan skill public speaking oleh mahasiswa. Terutama mahasiswa Perbankan Syariah yang akan berhadapan dengan nasabah di dunia kerja.
 
"Ketika kalian menjadi enterpreneur, kemudian bekerja di bank, disitulah skill public relation kalian akan digunakan," tegasnya.

Duta Genre Kabupaten Kudus 2021, Muhammad Arif Bachtiar selaku narasumber memberikan tips mengenai teknik public speaking yang baik agar mudah dipahami audiens. Terdapat tiga point utama, yaitu pembukaan dengan memberikan sapaan kepada audiens. Kemudian isi, berupa edukasi atau wacana. Kemudian penutup berupa simpulan dan motivasi. 

"Terdapat tiga point penting yaitu pembukaan, isi, dan penutup," ungkapnya. 

Ia juga menambahkan perlunya memberikan energi positif kepada audiens dan impression (kesan) yang menarik agar suasana menjadi meriah. Menjadi public speaker perlu mengasah pola pikir dengan penguasaan materi dan seringnya jam terbang. 

"Suasana yang terjadi dilingkup audiens tergantung suasana yang dibentuk pembicara," ungkapnya.

Reporter: Inna, Lia
Editor : Nada
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • HMPS Perbankan Syariah Gelar Workshop, Ajak Mahasiswa Latih Public Speaking

Trending Now