Best Viral Premium Blogger Templates

Mural Ratu Kalinyamat Jadi Penanda Kick Off JEAB

parist  id
Rabu, Agustus 10, 2022 | 10:17 WIB
Mural Rainha de Japara di SCJ Jepara. (Foto : Istimewa)

PARIST.ID, JEPARA - Mural bertema Ratu Kalinyamat terpampang di salah satu sudut kota Jepara. Digagas oleh Seniman Rupa Jepara Nano Warsono, mural itu terlihat jelas di area Shopping Centre Jepara (SCJ).

Rangkaian agenda Jepara Environmental Art Biennale (JEAB) sudah dimulai. Setelah me-launching logo, kini para seniman rupa Jepara berkolaborasi membuat mural bertema Ratu Kalinyamat, Rabu (10/08/2022). 

Nano menceritakan, ide mural itu dia dapatkan ketika dalam pelayaran dari Jepara menuju Pulau Karimunjawa beberapa hari sebelum mural dimulai. Dengan tema JEAB “Ambah Pesisiran”, Nano terpantik untuk menggali ide tentang kekayaan peradaban Jepara.

“Ini adalah kick off dari JEAB yang sedang digagas kawan-kawan seniman Jepara,” kata Nano.

Saat berada di atas kapal, Nano merasakan spirit masa lalu dari Ratu Kalinyamat sebagai tonggak kejayaan Jepara. Waktu itu, Nano membayangkan betapa hebatnya Ratu Kalinyamat pada masa kejayaannya.

“Betapa hebatnya armada laut Ratu Kalinyamat, bagaimana mereka membangun kerajaannya yang berbasis maritim. Saya rasa itu bukan hal yang gampang,” kata Nano, dosen Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini.

Berkolaborasi dengan Rumah Kartini dan sejumlah seniman Jepara, Nano menuangkan gagasan itu dalam wujud penggambaran Ratu Kalinyamat saat geladi perang. Digambarkan, Ratu Kalinyamat dengan penuh semangat dapat menyatukan perbedaan menjadi satu kekuatan yang tangguh.

Nano menampilkan selendang (sonder) dengan warna merah yang dominan. Lalu dipadukan dengan warna biru dan hijau. Gerak air seperti naga, angin dan cokelat warna tanah sebagai kekuatan alam.

Kemudian, latar belang motif flora yang diambil dari Masjid Mantingan Jepara juga disuguhkan.

Melalui mural itu, Nano ingin menampilkan spirit memunculkan keberanian. Lalu menumbuhkan kembali semangat Jepara sebagai kota seni dan maritim. 

“Spiritnya memang untuk mengobarkan kembali semangat cinta tanah Jepara. Spirit membangkitkan kekuatan maritim melalui seni secara kolektif,” tutur Nano.

Sementara itu, Ketua Panitia JEAB, Taufiqur Rohman, berharap agar mural Ratu Kalinyamat atau Rainha de Japara, itu dapat menjadi pemantik rangkaian JEAB yang sudah digagas. 

“Ini akan menjadi penanda semangat teman-teman perupa maupun pelaku seni budaya di Jepara menyukseskan gelaran JEAB,” katanya.

Rilis

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mural Ratu Kalinyamat Jadi Penanda Kick Off JEAB

Trending Now