Best Viral Premium Blogger Templates

Manfaatkan Lahan Kosong, Mahasiswa KKN Desa Karangmalang Tanam Bibit Pohon

parist  id
Rabu, Oktober 05, 2022 | 10:01 WIB
Mahasiswa KKN IK tanam bibit pohon di lahan kosong. (Foto: KKN IK Desa Karangmalang)


PARIST.ID, Kudus - Banyaknya lahan kosong di lingkungan Desa Karangmalang, Kecamatan Gebog menjadikan mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus memiliki inisiatif untuk memanfaatkan lahan dengan menanam bibit pohon. Hal ini didasari dengan adanya rasa kesadaran diri terkait betapa pentingnya pohon untuk lingkungan.

Bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran sungai dan Hutan Lindung  (BPDAS-HL) Pemali Jratun, mahasiswa KKN mendapatkan bibit pohon jumlah banyak untuk ditanam di lahan kosong di desa Karangmalang pada Minggu, (02/10/2022).

Bekerjasama dengan Pemuda Karang Taruna Kusuma Bangsa Desa Karangmalang, kegiatan menanam pohon ini mendapatkan apresiasi tinggi oleh para masyarakat. Aksi ini juga sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat untuk memiliki jiwa kesadaran terhadap lingkungan.

Penanaman pohon dilakukan di beberapa titik lahan kosong yang disebar diseluruh Desa Karangmalang. Adapun bibit pohon yang ditanam bervariasi, mulai dari tanaman Sengon, Trembesi, dan bibit buah-buahan.

Mahasiswa KKN IK bersama pemuda Karang Taruna Kusuma Bangsa Desa Karangmalang. (Foto: KKN IK Desa Karangmalang)

Ketua Karang Taruna, Rohman Karim mengatakan bahwa kegiatan ini seharusnya menjadi kegiatan rutin yang mesti dilestarikan. Jika diamati, anak-anak muda sekarang masih kurang memiliki kesadaran dalam merawat lingkungan. Rohman berharap agar anak muda dapat memiliki sikap kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan sehingga tercipta lingkungan yang asri.

"Ini menjadi PR besar bagi kita para pemuda untuk mampu membangkitkan semangat dan kesadaran terhadap lingkungan," ungkapnya.

Salah satu mahasiswi KKN prodi Tadris IPA, Umdhatun Ni'mah mengungkapkan penanaman bibit pohon ini mempunyai banyak manfaat bagi lingkungan dan juga masyarakat. Dengan menanam pohon dapat mengurangi dampak pemanasan global sehingga membuat udara sekitar menjadi lebih sehat dan segar.

“Semoga bibit-bibit pohon yang sudah kita tanam bersama ini dapat bermanfaat dan membawa keberkahan bagi masyarakat Desa Karangmalang dan untuk generasi mendatang,” pungkas Umdha.

Reporter : Tiara/KKN IK Desa Karangmalang
Editor : Mirna
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manfaatkan Lahan Kosong, Mahasiswa KKN Desa Karangmalang Tanam Bibit Pohon

Trending Now