Best Viral Premium Blogger Templates

Kabid Permas PMD Kudus Berharap Pemuda Cendono Optimalisasi Nilai Sosial Budaya

parist  id
Jumat, Desember 30, 2022 | 16:42 WIB
 
Suasana diskusi oleh tokoh masyarakat dan agama tentang sejarah dan potensi nilai sosial budaya Dukuh Cendono, Rabu (28/12). Foto : Istimewa 


PARIST.ID, Kudus - Puluhan pemuda Desa Cendono berkumpul. Mereka mengundang tokoh masyarakat dan agama untuk diskusi perihal sejarah dan potensi nilai sosial budaya desa di Dukuh Cendono, Desa Cendono, Rabu (28/12/22).

Hadir pula pada kesempatan itu Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kudus, R. Lilik Ngesti Widyastuti. Dalam forum tersebut, ia banyak menaruh harapan kepada pemuda dan masyarakat Cendono untuk menggali potensi sejarah desa.

Menurut Lilik, Desa Cendono memiliki nilai sosial budaya dan narasi sejarah yang kuat. Ia juga mengaku banyak belajar dari tokoh setempat tentang Pangeran Cendono, masjid tua yang didirikan sejak 1776, kayu Nogososro dan masih banyak lagi.

"Ini potensi luar biasa yang harus diangkat dan digarap oleh para pemuda kreatif di sini," ujar dia.

Senada dengan Lilik, Kiai Saifuddin juga mendukung adanya upaya pemajuan nilai sosial budaya yang ada di Desa Cendono. Menurutnya langkah itu penting agar generasi muda masa depan tidak "kepaten obor". 

"Kebudayaan atau tradisi masa lalu banyak menyimpan kearifan yang penting untuk dilestarikan sampai kapanpun," kata Guru MA NU Miftahul Falah Cendono ini.

Nabi Muhammad sendiri mencontohkan bagaimana syariat Islam itu mengakomodasi budaya lokal. Seperti halnya aqiqah dan tawaf itu dulu diadopsi dari budaya lokal masyarakat Arab. Hanya saja, laku yang tidak sesuai syariat beliau ganti sehingga tidak membawa dampak buruk bagi pelakunya.

"Walisongo pun juga banyak mengakomodasi budaya lokal dalam dakwahnya. Jadi, tidak semua kebudayaan lokal itu pasti bertentangan dengan syariat Islam," katanya. (Rilis)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kabid Permas PMD Kudus Berharap Pemuda Cendono Optimalisasi Nilai Sosial Budaya

Trending Now