Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Sambut 17 Ramadhan, UKM Palwa "51" Gelar 3 Agenda Sekaligus

parist  id
Rabu, April 12, 2023 | 23:05 WIB
Potret anggota UKM Palwa "51" bersama anak-anak yatama selepas pemberian santunan. (foto: doc. panitia)


Kampus, PARIST.ID - Pada hari ke-17 Ramadhan, UKM Palwa "51" agendakan buka bersama, santunan anak yatim, dan sahur on the road. Dengan mengusung tema "Mengisi Ramadhan Dengan Berbagi Kebahagiaan", kegiatan bertempat di Gedung Olahraga IAIN Kudus. Acara digelar selama 2 hari sejak Sabtu, (08/04/23) hingga Minggu, (09/04/23).

Turut hadir dalam acara, perwakilan dari Wakil Rektor III, Sutanto M.Kom, Kepala desa Ngembalrejo, H. Moh. Zakaria, pengisi mauidhoh, Dr. Makmun Mukmin. M.Ag. M.Hum. M.Si., dan para alumni UKM Palwa “51”. Ditambah lagi dengan kehadiran para anak-anak yatim sekitaran IAIN Kudus.

Kegiatan yang sudah menjadi acara tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama. Selain itu juga menjalin tali silaturahmi antar keluarga UKM Palwa "51".

Ketua Umum UKM Palwa "51", Daffa Farras menyatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk penerapan dari nilai-nilai yang ada pada bulan ramadhan.

"Kita sebagai manusia yang memeluk agama Islam sudah sepantasnya melewati satu bulan dari 12 bulan yang dimana dinamakan bulan penuh rahmat, penuh berkah, penuh ampunan dan juga bulan di mana diturunkannya Al Qur'an, yaitu bulan suci Ramadhan. Sudah jelas dalam Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 183. Oleh karena itu kami mengadakan kegiatan buka bersama dan santunan yatama ini," tegasnya.

Farras juga mengaku bahwa kegiatan tersebut agak sedikit melenceng dari bidang UKM-nya, namun ia menegaskan kembali bahwa sebenarnya masih berkaitan.

"Mungkin agak sedikit melenceng dari bidang kami yang notabenenya bergerak di kepencintaalaman, tetapi juga dalam ilmu kepencintaalaman yang kami pelajari pun ada tentang bagaimana kita menghargai dan berbaur bersama dengan makhluk hidup lain seperti hewan tumbuhan dan terkhusus kepada manusia itu sendiri," terang Faras.

Kegiatan dilanjut dengan sesi sarasehan yang diisi oleh para alumni UKM Palwa "51". Isi dalam sarasehan menekankan tentang pembelajaran dari sebuah kesalahan. Pesan itu dituturkan oleh Ali Ahmadi, salah satu alumni.

"Ketika kamu takut salah dalam ucapan dan perbuatan, maka itu adalah bagian dari pembelajaran. Karena tanpa adanya kesalahan maka tidak ada perubahan untuk kedepannya agar lebih baik lagi. Dan kesalahan adalah hal yang normal untuk manusia," begitu tutur Ali.

Kegiatan terakhir yaitu Sahur on The Road pada pukul 03.00 WIB hari Minggu, (09/04/23). Maksud dari Sahur on The Road ini adalah UKM Palwa membagikan makanan sahur kepada masyarakat-masyarakat yang terbagi menjadi 3 titik tempat: Menara Kudus, Pasar Bitingan, dan Terminal Jati. Alasan memilih 3 titik tersebut yakni sebagai bentuk dari empati anggota UKM Palwa terhadap masyarakat di daerah tersebut karena masyarakat di daerah sekitaran itu dianggap sibuk bekerja dan belum sempat menyiapkan masakan sahur.  (Eka/Irma)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sambut 17 Ramadhan, UKM Palwa "51" Gelar 3 Agenda Sekaligus

Trending Now