Best Viral Premium Blogger Templates

Tumbuhkan Kreativitas dan Empati melalui Juli K(re)asih di Kali Ilmu Welahan

parist  id
Minggu, Juli 16, 2023 | 09:19 WIB

Penyampaikan Kesan Penerima Beasiswa Apreasis Kamu (Dok: Alf)

Jepara - Parist. Id -Menghabiskan waktu liburan sekolah bukan hanya pergi ke wisata alam. Salah satu cara berlibur dan tetap belajar ialah dengan belajar dan bermain.

Puluhan anak Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) berkumpul bersama di bawa pohon mangga yang rindang mengikuti kegiatan Juli Kreasih. Acara ini bertempat di halaman Yayasan Kali Ilmu Kalipucang Kulon, Welahan, Jepara pada Minggu, (15/07/2023). 

Nor Islafatun menyampaikan bahwa alasan penyelenggaraan Juli Kreasih bertepatan bulan liburan sekolah sekaligus  menumbuhkan kreativitas dan empati kepada anak-anak.

"Karena Juli itu bulan liburan, jadi mereka ke sini juga liburan. Padahal kita di sini belajar, tetapi cara penanaman value-valuenya dengan cara yang menyenangkan, jadi anak-anak tidak merasa mereka sedang belajar," kata Islafatun.

Nor Islafatun berharap melalui kegiatan ini anak-anak 

penyelenggaraan Juli Kreasih ialah menumbuhkan kreativitas, berpikir kritis, empati, dan kepekaan sosial.

"Tujuannya untuk menumbuh kreativitas, berpikir kritis, kekuatan literasi, dan empati. Tidak akan lepas dari prinsip-prinsip itu," harapnya.

Acara tersebut dimulai dengan pertama, membaca buku. Kedua, permainan edukatif dengan menebak rempah-rempah. Ketiga, sharing sessions yang terdiri mendongeng (SD), kesehatan reproduksi (SMP), krisis literasi kesehatan di era diital (SMA). Keempat, workshop pararel yang terdiri melukis kata Kali Ilmu (SMP), topi hasil kebunku (SMA), koki kecil (SD). Kelima, berbagi kasih Kamu, dan keenam, penyerahan beasiswa Apresiasi Kamu.

Nor Khamdanah selaku penerima beasiswa merasa bersyukur dan sangat terbantu meringankan beban orang tua.

"Sebagai penerima beasiswa dari Kali Ilmu saya sangat bersyukur, karena dengan adanya beasiswa yang diberikan, bisa menunjang pendidikan, bisa mengurangi beban orang tua saya serta membanggakan mereka" ungkap Hamdanah.



Alf

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tumbuhkan Kreativitas dan Empati melalui Juli K(re)asih di Kali Ilmu Welahan

Trending Now