Best Viral Premium Blogger Templates

Guest Lecture dan Diseminasi Produk Tadris IPA: Membangun Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran IPA melalui Budaya Lokal

parist  id
Jumat, Desember 29, 2023 | 20:25 WIB

 


Program studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus adakan acara Guest Lecturer dan Diseminasi Produk. Acara ini dilaksanakan dalam waktu 2 hari, bertempat di SBSN lantai 2 Gedung Tarbiyah pada Kamis – Jumat (14-15/12/2023)

Acara Guest Lecturer kali ini mengundang seorang narasumber yang  berpengalaman di bidangnya, yaitu Sekar Dwi Adianti, M.Pd. Dalam sesi ini ia memaparkan materi dengan tema "Ethno-Edutainment sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Berbasis Budaya Lokal". Dalam presentasinya, beliau menyoroti pentingnya memadukan unsur-unsur budaya lokal dalam pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan serta bermakna bagi para siswa.

“Materi yang disampaikan beliau memberikan pengetahuan baru. Penggabungan antara budaya lokal dengan materi IPA dapat dijadikan contoh dalam menciptakan pembelajaran menyenangkan sekaligus memperkenalkan budaya lokal kepada siswa,” ujar salah satu mahasiswa Tadris IPA, Nailal Khusna sapaan akrabnya.

Tak berhenti sampai disitu,  keesokan harinya yaitu Jum’at, 15 Desember 2023 acara dilanjutkan dengan kegiatan Diseminasi Produk dari mahasiswa Tadris IPA semester 3. Mahasiswa tersebut memamerkan hasil dari proyek biomimikri dalam ranah STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics). Produk-produk yang dipamerkan tidak hanya menggabungkan antara konsep ilmiah dengan desain atau konsep yang terinspirasi dari alam, tetapi juga menekankan pada nilai estetika dan kreativitas dalam pengembangan produk. Selain itu, produk yang dihasilkan merupakan hasil dari kolaborasi lintas disiplin ilmu.

"Saya bangga atas hasil kerjasama dari semua kelompok dan produk yang dihasilkan. Awalnya kita fokusnya hanya pada prosesnya saja. Tetapi, hari ini mereka menampilkan produk-produk yang sangat diluar ekspektasi saya." Ungkap Ibu Sulasfiana Alfi Raida, selaku dosen pengampu mata kuliah.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang untuk menambah pengetahuan, tetapi juga memberikan inspirasi bagi mereka agar terus berinovasi dan berkarya.

Berita kiriman dari Ayuk Muhayyadah

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Guest Lecture dan Diseminasi Produk Tadris IPA: Membangun Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran IPA melalui Budaya Lokal

Trending Now