Bupati Kudus : STAIN Kudus Harus Bangga



Bupati Kudus membedah buku Mitologi Ritual Budaya Kaki Muria
KUDUS, PARIST.ID - Kehadiran Bupati Kudus, H. Musthofa ternyata membawa kesan tersendiri bagi LPM Paradigma. Kegiatan bedah buku yang masuk dalam rangkaian acara Haflah Ilmiah jilid 3 itu mampu menarik perhatian publik STAIN Kudus. Bupati Kudus mengatakan terbitnya buku Mitologi Ritual-Budaya Kaki Muria merupakan gebrakan mahasiswa yang patut dibanggakan.

“Buku ini menjadi penting bagi publik Kudus dan sekitarnya sebagai upaya kampanye literasi,” tuturnya di Gedung Olahraga (GOR) STAIN Kudus pada Kamis (02/03/17).

Dalam kesempatan itu Musthofa juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada mahasiswa STAIN Kudus yang telah mendokumentasikan budaya di kaki Muria. Ia mengakui bahwa buku tersebut merupakan buku karya mahasiswa pertama yang Ia bedah. 

“Mahasiswa STAIN Kudus, dengan bimbingan dosennya, ini ternyata mampu menulis buku yang amat penting untuk Kudus dan sekitarnya,” pujinya.

Banyak nilai dan filosofi baik yang bisa kita dapatkan dari budaya kita sendiri. Musthofa mencontohkan kegiatan sewu kupat di Colo yang patut diambil nilainya. “Selain itu juga ada ampyang maulid, omah kapal dan lain sebagainya,” sampainya.

Sementara itu, Wakil Ketua I STAIN Kudus, Saekhan Muchit menambahkan bahwa STAIN Kudus berwacana ingin mengadakan prodi Pariwisata Syariah. Itu dilatarbelakangi sebab Kudus mempunyai banyak objek wisata yang religius. Disamping itu saat ini juga pemerintah tengah menggalakkan pariwisata sebagai salah satu target pembangunan.

“Melihat potensi pariwisata kedepan STAIN Kudus ingin mengajukan prodi baru Pariwisata Syariah,” katanya.[] (Far)