Bupati Kudus: Jangan Bosan Membina UMKM


Bupati Kudus, Mustofa memberikan sambutan dan membuka acara "Kudus Industri dan Ekspo UMKM Kudus". Foto: Salim/Paragraph

KUDUS, PARIST.ID –Porsi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang cukup besar membuat seluruh stakeholder harus tetap membina para pegiat UMKM. Pembinaan tidak hanya meliputi sistem transaksi dalam bentuk perbankan saja, namun juga memberikan inovasi dan bergerak cepat meningkatkan kualitas untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. 

Hal tesebut disampaikan oleh Bupati Kudus, Musthofa Wardoyo, dalam acara  “Kudus Industri dan UMKM Exspo 2017” di alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Rabu, (27/9/17). 

Menurutnya presentase UMKM di Indonesia mencapai 97%. Dengan jumlah yang besar  itu, jika tidak ada pembinaan yang baik, pelaku UMKM tidak akan mampu berkompetisi. Disamping itu, tidak adanya keinginan membangun jaringan dan memperbaiki kualitas diri juga akan menghambat meningkatkan pegiat UMKM.

“Saya harap jangan pernah bosan untuk membina pelaku UMKM dengan berkomunikasi yang baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UMKM Kudus, selaku Ketua Panitia Bambang Tri Waluyo mengatakan tujuan ekspo ini agar mampu mewujudkan masyarakat Kudus yang semakin sejahtera, meningkatkan kemandirian ekonomi, mempromosikan produk unggulan dan memberi kesempatan pelaku usaha bertransaksi langsung dengan pembeli.

“Selain itu, memberi informasi kesempatan kerja dan rekreasi bagi masyarakat,” katanya. 

Ekspo ini merupakan rangkaian acara Hari Jadi ke-468 Kabupaten Kudus. Acara akan berlangsung selama lima hari, yakni mulai tanggal 27 September – 1 Oktober 2017. Sebanyak 75 stan dari berbagai wilayah di Provinsi Jawa Tengah akan mengikutinya

(Rohman/Salim/Ism)