Savic Ali : Tanggung Jawab Penulis Sebarkan Informasi Moderat




YOGYAKARTA, PARIST.ID – Penulis zaman now harus cerdas dalam melihat perkembangan teknologi informasi. Menjamurnya media online harus menjadi perhatian khusus agar tulisan kita dibaca banyak orang. Menurut Direktur NU Online, Savic Ali, penulis harus paham trik-trik khusus agar tulisannya mudah terindeks oleh google sehingga bisa tampil teratas dalam laman pencarian.

“Menulis di web harus ada trik-trik yang berbeda dengan media cetak. Kalau zaman dulu, nulis judul harus nyeni. Untuk bebrapa hal masih cocok, tapi untuk zaman sekarang lebih banyak tidak cocok, karena sulit sekali terindeks oleh google,” katanya dalam forum pertemuan penulis keislaman di Hotel Core, Sleman, Yogyakarta belum lama ini.

Lebih lanjut founder situs Islami.co ini menyarankan kepada para penulis untuk membuat judul yang sederhana. Artinya, judul itu sudah mewakili secara gamblang pesan yang ingin kita sampaikan dalam tulisan.

“Judul tulisan yang langsung to the point justru mudah terindeks google. Seperti halnya, menulis tentang sejarah Nahldatul ulama, tidak usah susah-susah buat judul yang ribet, tapi buatlah yang sederhana saja, seperti sejarah Nahdlatul Ulama,” katanya.

Kita, imbuh Savic, sebagai penulis punya tanggung jawab yang besar untuk memberikan informasi yang benar, moderat dan toleran. Terlebih sebab sebagian masyarakat sekarang hanya berlaku sebagai konsumen informasi yang tidak peduli kebenarannya.

“Sebagain besar orang yang menggunakan social media itu sebagai konsumen belaka, yang kerjaannya hanya like, comment, dan share, tanpa dia tahu apa yang dia komentari, apa yang dia share,” tandasnya. (wafa/FAR)