East Indische coffe: Seorang Barista Harus Menguasai Metode


PARIST.ID, BANDUNG- Sebelum menjadi seorang barista profesional, seorang calon barista harus mampu menguasai metode manual brewing terlebih dahulu. Hal itu disampaikan salah satu mentor dari East Indische coffe Iqbal Purba, saat memulai kelas manual brew. Selasa (24/04/2018) di Lembang Bandung.

"Manual brew itu hal dasar yang harus dikuasai seorang barista atau calon barista" tuturnya

Menurut Iqbal, seorang barista selain harus tahu Coffe knowledge dia juga harus bisa manual brew atau membuat kopi secara manual terlebih dahulu.

"Kalau seorang barista tidak bisa manual brew itu perlu dipertanyakan, karena manual brew adalah pijakan awal seorang barista"

Iqbal juga menjelaskan bahwa dalam manual brew juga ada beberapa metode yang wajib dipelajari untuk bisa mengenal rasa tiap kopi.

"Ada lima metode dalam manual brew diantaranya French press, V60, Aero Press, Chemex dan Siphon yang masing-masing metode ini akan menghasilkan rasa yang berbeda," tuturnya.

Baginya, membuat kopi tidak hanya masalah teknik tapi juga menggunakan perasaan.

"Seorang barista itu jangan mau di patok sama angka, tapi juga rasa. Karena rasa kopi yang dibuat bergantung pada perasaan orang yang membuatnya," katanya. (Dlowi)