Da'i Dituntut Ikuti Perkembangan Zaman

Fathun Naim (sisi kiri) sedang menyampaikan materi tentang Internet Money Making Ideas.


Parist.Id, KAMPUS - Menghadapi era yang serba online menjadikan setiap da'i harus menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang mulai berubah. Segala sektor yang sudah menggunakan internet menuntut da'i untuk ikut menyesuaikan diri jika tidak ingin termakan oleh perkembangan zaman.

"Seekor dinasaurus yang begitu besar bisa punah karena tidak bisa menyesuaikan dengan alam yang berubah. Kegiatan dakwah jika tidak dibarengi dengan penyebaran lewat internet juga lambat laun bisa punah," Ujar Albertis, salah satu pemateri dalam Workshop Internet Money Making Ideas yang diadakan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Kamis (28/03/2019) di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) IAIN Kudus.

Dengan di-upoadnya video dakwah seorang da'i berceramah di internet, lanjut Albert, akan memperkenalkan dan memudahkan orang-orang mengenal sang da'i.

"Selain bisa lebih berdakwah nantinya diharapkan dapat memiliki viewer dan subscriber banyak, bisa didaftarkan goggle AdSense sehingga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah, bahkan dolar," jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan Fathun Naim, pemilik Star Up GOKU, menurutnya dengan memposting konten yang menarik bisa mendapatkan dolar dari goggle AdSense. Jika konten bagus akan mempercepat kenaikan rating.

"Jika para da'i mau konsisten berdakwah lewat media sosial seperti youtube, nantinya goggle akan merekomendasikan alamat domain kita. Jika banyak yang buka, banyak pula dolar yang bisa kita dapatkan. Apalagi di era sekarang banyak orang yang belajar lewat youtube" jelasnya. (Fandi)