Kembali Ke Fitri Kuatkan Porsi Diskusi

KAMPUS – Kembalinya ke fitri harus mampu menguatkan porsi diskusi seluruh dosen dan pegawai kampus di semua fakultas. Diskusi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan Islam maupun umum dalam menjawab persoalan masyarakat. Agar tak ada lagi diskusi politik praktis yang selalu beredar di grup whatsaap.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus Mundakir dalam momen halal bihalal IAIN Kudus diikuti oleh seluruh dosen dan pegawai kampus, di Gedung Olahraga Kampus Timur, Senin (10/06/2019).

Halal bi Halal IAIN Kudus merupakan wujud perekat semua pihak di civitas akademik untuk saling menyatukan visi yang sama, yaitu membesarkan dan memajukan kampus IAIN Kudus. Sesuai dengan tujuan penyelenggaraan Halal bi Halal untuk kembali kepada fitrah akademik IAIN Kudus.

“Jika kita sudah bisa mengembangkan keilmuan maupun persoalan akademik, maka kita sudah berhasil kembali pada fitrah akademik. Namun ketika belum bisa mengadakan diskusi-diskusi tersebut, berarti di Idul Fitri ini belum bisa kembali ke fitrah akademik atau dunia kampus sepenuhnya,” jelas Mundzakir. 

Menurutnya, sebagai manusia yang mengabdi di dunia pendidikan sudah sepantasnya menibukkan diri  untuk berdiskusi akademik tentang perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pengetahuan agama untuk menjawab problematika persoalan masyarakat saat ini. Bukan sibuk untuk membicarakan politik praktis yang ada di kampus.

“Seperti yang sudah dilakukan di Fakultas Ushuludin, semua fakultas pimpinannya harus aktif dalam mengembangkan diskusi. Para pimpinan fakultas harus mengadakan diskusi akademik, agar terbiasa untuk melaksanakan diskusi secara langsung maupun melalui grup-grup whatsaap,” terang Mundakir

Wakil Rektor II IAIN Kudus, Nor Hadi mengatakan IAIN Kudus adalah lembaga yang sedang bertransformasi, oleh karena itu membutuhkan semangat bekerja yang ada di dalamnya. 

“Tak kalah penting, kita harus menyiapkan akreditasi yang saat ini sudah dirancang. Semoga kita semua bisa mengantarkan akreditasi yang menjadi lembaga kita lembaga yang baik di mata stagholder IAIN Kudus,” ungkapnya Selaku Ketua Panitia Halal bi Halal.

Diawal Syawal ini, lanjutnya, kita jadikan suasana semangat untuk memperkuat dan  mempercepat dalam memajukan lembaga birokrasi kampus IAIN Kudus.   

“Kampus harus semakin kondusif dan semakin baik. Bisa menciptakan suasana kerja yang lebih aman, nyaman dan pastinya menjadi kampus yang lebih baik lagi untuk ke depannya,” pungkasnya. (Falis/Salam)