Beri Dukungan, Rektor IAIN Kudus Lakukan Kunjungan PIONIR Ke-IX


MALANG - Rektor IAIN Kudus, Dr. H Mundzakir melakukan kunjungan kepada para peserta lomba PIONIR IX di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Selasa (16/07/2019).

Kunjungannya kali ini merupakan bentuk dukungan dari Rektor untuk para peserta lomba agar secara psikis mereka dapat bersungguh-sungguh dalam mengikuti lomba.

"Saya tidak menargetkan kemenangan, yang penting mereka mempunyai pengalaman karena pengalaman itulah yang lebih berharga. Kalah menang Itu persoalan kedua," kata Mundzakir.

Sedangkan menurut Salah satu official lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) H. Saiful Mujab, mengaku kunjungan rektor IAIN Kudus berpengaruh dan sangat bermanfaat untuk semua kontingen IAIN Kudus agar lebih percaya diri. 

"Keberhasilan anak tak lepas dari doa dan dukungan orang tua," jelas Saiful. 

Menurutnya, perlombaan tidak hanya memperhatikan faktor fisik saja, tetapi pembangunan mental terhadap peserta juga diperlukan. 

"Sebagus apapun latihan, apabila tidak ada mental maka beda hasilnya. Pendampingan dan dukungan baik dari Rektor, pelatih maupun official akan menumbuhkan rasa percaya diri dan mental untuk bertanding," jelasnya.

Senada dengan Syaiful, H. Ihsan M.Ag selaku Warek III IAIN Kudus mengatakan bahwa yang terpenting semua kontingen dapat bertanding dengan maksimal. Karena dengan usaha yang maksimal akan menghasilkan hasil yang maksimal juga. 

"Kalau peserta lomba sudah dibebani dengan target juara yang ada malah membebani mental mereka. Yang penting bertanding secara sportif dan berkualitas", Ungkapnya. 

Sedangkan, M. Saiful Anam Perwakilan lomba MTQ putra juga mengaku bahwa dukungan rektor sebelum ia tampil membawa pengaruh yang besar baginya. 

"Tadi sebelum tampil saya disuruh tenang dan jadikan perlombaan ini sebagai pengalaman. Ketika tampil saya jadi semangat dan percaya diri," katanya. (Arum)