Mahasiswa Harus Punya Kemampuan Public Speaking


KAMPUS - Era Revolusi 4.0 sangat identik dengan teknologi dengan perubahan yang sangat cepat. Perubahan itupun terjadi di dalam dunia kerja. Bagaimana membangun komunikasi terhadap rekan kerja dalam menyelesaikan masalah. Walaupun begitu ternyata ada dua skill yang tidak akan tergantikan dan akan bertahan yaitu kemampuan public speaking dan berbagi inspirasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Inspirational Speaker, Erma Assegaf dalam acara Trining Public Speaking dan Motivation dengan tema "Built Confidence and Speak Up Your Mind", yang diselenggarakan oleh UKM Kelompok Pecinta Nalar (KPN) di Aula lantai 2 Gedung SBSN, Senin (28/10/2019).

Erma mengatakan bahwa mahasiswa harus bisa mengubah dan menggerakkan diri menjadi pemimpi masa depan. Hal tersebut dapat dilakukan apabila kita mempunyai public speaking dan memiliki motivasi yang baik untuk mewujudkannya.

"Saya mempunyai impian menjadi seorang inspirator, dan itu terbukti ketika saya sudah berumur 50 tahun sekarang ini, karena Allah mewujudkannya", jelasnya.

Menurutnya, impian adalah satu-satunya bahan bakar yang bisa menggerakkan kita ke arah yang lebih baik lagi dan membuat kita sukses dalam mencapai kebahagiaan kita sendiri.

"Semua orang mempunyai impian, I want to start; dan selalu saya deskripsikan, lalu meminta Ibu untuk mendoakan dan tentukan target untuk meraihnya," katanya.

Berbeda dengan Erma, penyiar radio Suara Kudus, Rizaldo Ahmad Wildan mengatakan menurutnya public speaking merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh calon-calon pemimpin masa depan, pada dasarnya seorang pembicara yang hebat  adalah  pembicara yang buruk terlebih dahulu.

"Jangan takut gerogi, sebab itulah awal langkah kita agar berani berbicara di depan umum. Yang perlu kita persiapkan adalah mental, sistem penyampaian dan membangun keakraban dengan audiens," jelasnya.

Ia berharap acara ini dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan public speaking mereka

"Saya harap peserta nantinya memiliki kemampuan baik dal berpublic speaking, tidak hanya ketika presentasi di kelas, tapi bisa menjadi  seorang MC  berbagai event yang mampu menghidupkan acara," harapnya. (A'yun)