Lelana Bareng Kudus Walking Tour


KUDUS - Kudus Walking Tour mengadakan berlelana atau mplaku-mplaku sambil belajar sejarah dengan tema "Tentrem Ayem Ing Langgar Dalem". Kegiatan yang diadakan perdana ini bertujuan mengajak masyarakat khususnya Kudus untuk mplaku-mplaku sambil belajar sejarah di desa Langgar Dalem Kudus, Minggu (10/11/2019).

Founder Lelana Kudus Walking Tour, Rahmat Hidayat mengatakan nama Lelana terinspirasi dari nama samaran Bupati Kudus yakni Raden Mas Arya Purwalelana yang juga seorang penjelajah, petualang sekaligus pencerita. 

“Lelana berarti bepergian menuju tempat yang tenang dan sunyi. Mengambil tema Tentrem Ayem Ing Langgar Dalem, menjadi titik fokus bahwa dengan berlelana di langgar dalem bisa menciptakan ayem (red: nyaman) pada rencang lelana (panggilan untuk peserta lelana)," jelasnya saat memulai perjalanan menuju langgar dalem.

Perjalanan ini dimulai dari mempelajari keberadaan klenteng Hok Hien Bio, kemudian menyusuri jalan madurekso hingga singgah di tempat pabrik rokok dan berakhir di masjid langgar dalem. 

Sementara itu, peserta lelana, Karina Hasbi Jantari mengaku merasa bangga dengan adanya kegiatan berlelana khususnya sejarah di Kudus ini yang bisa dipelajari kembali.

“Saya suka dengan kegiatan semacam ini karena bisa menambah kecintaan dan rasa bangga pada kota Kudus.  Selain itu, saya jadi Indonesia ada karna terselip perjuangan dibaliknya," katanya. (Umi)