Shalat Jumat di Masjid Kampus, Antar Jamaah Jaga Jarak

KAMPUS - PARIST.ID, Meskipun kampus disterilkan dan terdapat himbauan peniadaan shalat Jumat atas kondisi penyebaran Covid-19, akan tetapi Masjid Kampus Timur IAIN Kudus tetap menyelenggarakan shalat Jumat berjamaah, pada Jumat, (20/03)

Ibadah shalat Jumat di Kampus Timur IAIN Kudus diikuti oleh jajaran dosen, pegawai dan sebagian mahasiswa IAIN kudus serta masyarakat sekitar kampus.

Terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada pelaksanaan shalat Jumat kali ini. Hal ini terlihat pada barisan jamaah yang relatif renggang. Bertujuan untuk menjaga jarak aman sebagai upaya pencegahan virus korona (Covid-19).

Berdasarkan wawancara kru Parist.Id kepada pembina takmir masjid kampus IAIN Kudus, Saiful Mujab, menjelaskan, pelaksanaan shalat Jumat ini menyesuaikan ketentuan dari pemerintah untuk menjaga jarak aman dengan orang lain.

"Pelaksanaannya sudah sesuai ketentuan dengan menjaga jarak aman," tegasnya.

Menanggapi hal tersebut Rektor IAIN Kudus yang juga menjadi salah satu jamaah shalat Jumat, Mundakir, mengatakan, pelaksanaannya sudah mengikuti protokol penanganan wabah virus korona (Covid-19). Ia juga mengaku telah mengkajinya dari perspektif ilmu fikih dan kaidah penetapan hukum.

"Telah kita kaji dari perspektif fikih ibadah dan prosedur serta kaidah penetapan hukum," pungkasnya.
(Yan)