Gandeng LPM Paradigma, LPS Cendekia Gelar Diskusi Online Bersama


PARIST.ID - Lembaga Pers Siswa (LPS) Cendekia MA Manahijul Huda (MAHIDA) Dukuh Seti adakan Diskusi Online dengan menggandeng LPM Paradigma IAIN Kudus dan SKM Amanat. Mengangkat tema “Urgensi Pers dan Jurnalistik bagi Siswa” diskusi online perdana ini diselenggarakan melalui aplikasi zoom, Sabtu (09/05/2020).

Pimpinan Redaksi LPS Cendekia MAHIDA, Vida Atiatul Izza, menilai masih banyak masyarakat era milenial yang mudah  terpapar berita hoax. Menurutnya pers dan jurnalistik sangat penting diterapkan untuk kalangangan pelajar.

"Agar kita  dapat membedakan antara berita hoax dengan berita yang valid," jelasnya.

Pemateri pertama, Pimpinan Umum LPM Paradigma, Muhammad Nur ulyanuddin mengatakan, generasi muda harus teliti dalam mengkaji berita agar tidak mudah termakan berita hoax.

"Harapan saya kepada siswa LPS Cendekia MAHIDA jadilah jiwa jurnalis yang hebat serta idealis," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Redaksi LPM Paradigma, Umi Zakiatun Nafis,  membenarkan urgensi pers di kalangan siswa. Menurutnya, jika melihat zaman sekarang orang mudah terpengaruh dengan berita yang belum tentu benar dan jika memang berita tersebut benar seharusnya tidak langsung terbakar api kemarahan dengan melontarkan kata-kata kasar.

Baik siswa atau mahasiswa, lanjut Umi,  harus dapat menjadi penikmat media bijak menyikapi berita.

"Lagi pula kita kan sebagai generasi penerus. Kalau bukan kita yang belajar pers mau siapa lagi," ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan redaksi LPS Cendekia MAHIDA, Vida,  berharap setelah diskusi online ini dapat diterapkan oleh semua anggota LPS. 

"Semoga kita bisa mempraktikkan dan meningkatkan literatur di MA Manahijul Huda," harapnya.(Vina/Mirna)