Iklan

PGMI Raih Juara 3 Musikalisasi Hadis Tingkat Nasional

parist  id
Kamis, November 26, 2020 | 09:37 WIB

 

Salatiga, PARIST.ID -  Masa pandemi bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk mengasah keterampilan akademik maupun non akademis, salah satunya dengan mengikuti lomba. Meskipun banyak kendala di awal, dengan semangat dan keseriusan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PGMI berhasil menyabet juara 3 dalam Lomba Musikalisasi Hadis Tingkat Nasional PTKIN/PTKIS yang diselenggarakan oleh PGMI IAIN Salatiga.

 

Vokalis Muhammad Anif Riyanto menjelaskan, musikalisasi hadis yang bertajuk ‘Buniyal Islam’ ini mengusung konsep rukun islam bergenre pop dan langgam jawa. Karena tidak ada ketentuan dalam membawakan musikalisasi hadis, kelima personil sepakat memilih rukun islam karena lebih menarik dan mudah.

“Diawali dengan musik darbuka, sholawat, dan suluk. Dan ditambahi puisi jawa supaya lebih bervariasi,” jelasnya kepada Paradigma via pesan WhatsApp, Rabu (25/11/20).

 

Anif mengaku dalam menentukan ide, ia mengaku mencari lewat youtube kemudian di-aransemen dengan bantuan alumni. “Kita berlatih secara mandiri lalu menentukan jadwal latihan karena waktunya sudah mepet” aku mahasiswa semester lima tersebut.

 

Terkait pembuatan video, salah satu personil Annisa Dita Ramadhani menjelaskan pengambilan video di daerah Rendeng Kudus. Menurut penuturan Dita lokasi tersebut dianggap dekat dan pas untuk pengambilan video.

“Dengan tiga vokal, dua personil pengiring yaitu darbuka dan piano. Pengambilan video dilakukan sehari sebelum waktu pengiriman ditutup,” tuturnya.

 

Adapun kendala dalam membuat video, Dita merasa kesulitan dalam mengatur jadwal latihan, memilih tempat pengambilan video, dan kesibukan masing-masing.

“Baru pertama kali jadi vokal ya tentunya banyak kendala tapi harus semangat. Tidak menyangka dapat juara,” ungkap Dita.

 

Mendengar hal ini, Ketua HMPS PGMI, Muhammad Wafiy Haydar Ali mengungkapkan kebahagiaan atas kemenangan yang diraih anggotanya. Wafi mengaku dapat merasakan antusias teman-teman PGMI yang mengikuti lomba.

“Mulai dari penampilan, pengambilan, dan pengeditan video,” terangnya.

 

Wafi berharap semua mahasiswa PGMI bisa mengembangkan keterampilan akademis maupun non akademis. “Kalau berhasil ya disyukuri dan kalau tidak jangan mudah menyerah,” pungkasnya. (nonik)

 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PGMI Raih Juara 3 Musikalisasi Hadis Tingkat Nasional

Trending Now

Iklan