Best Viral Premium Blogger Templates

2916 Mahasiswa Siap Ikuti KKN IK 2021

parist  id
Jumat, September 03, 2021 | 07:08 WIB
Pembekalan materi persiapan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi (KKN IK) 2021 melalui Zoom Meeting, Rabu (01/09). Foto: Muna/Paradigma


KAMPUS, parist.id - Sejumlah 2916 mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi (KKN IK) mengikuti acara pembekalan KKN IK tahun 2021 secara offline dan online. Acara yang berlangsung dua sesi ini dihadiri oleh koordinator tiap kelompok secara offline di Aula Perpustakaan lantai 4, Rabu (01/09/2021).

Wakil Rektor I, Supa'at, mengatakan bahwa pelaksanaan Praktik Profesi Lapangan (PPL), dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan di semester 7 adalah untuk mendukung program speed up kelulusan.

"Semua mahasiswa IAIN Kudus bisa lulus di semester 8. Program speed up kelulusan harus tetap berjalan, tidak boleh terkendala pandemi virus corona," terangnya.

Supaat berharap mahasiswa dapat menemukan bahan penelitian tugas akhir dari proses terjun langsung ke lapangan selama KKN IK.

"Jadi di semester 7 mahasiswa diterjunkan ke lapangan juga untuk menemukan research problem untuk tugas akhir," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Mohammad Dzofir, menjelaskan KKN IK 2021 dilaksanakan secara online maupun offline sesuai kebijakan masing-masing desa yang menjadi lokasi pelaksanaan KKN IK. Ada empat kabupaten yang menjadi lokasi pelaksanaan KKN IK yaitu Kudus, Jepara, Demak dan Pati.

"Ada satu kabupaten yang belum mengizinkan KKN IK secara offline, yaitu Pati. Untuk Kudus, Jepara dan Demak sudah memberi kelonggaran untuk pelaksanaan secara offline. Namun itu kembali pada kebijakan masing-masing desa yang ditempati," jelasnya ketika menyampaikan materi pembekalan kepada mahasiswa.

Dzofir  menambahkan ada 232 kelompok KKN IK yang diterjunkan ke desa-desa sesuai dengan zonasi dan bidang keilmuan.

"Pengelompokan sesuai zonasi kabupaten, bukan desa. Jadi tidak semua mahasiswa ditempatkan di desanya sendiri," ujarnya.

Salah satu mahasiswa yang akan mengikuti KKN IK, dari Program Studi Tadris Biologi, Alfiyatul Rohmaniyyah, mengatakan setuju KKN IK dilaksanakan di semester 7. Ia mengaku ingin cepet menyelesaikan masa studinya.

"Setuju sih, biar cepet lulus," katanya.

Namun, ia merasa sedikit kecewa karena ditempatkan di lokasi yang jauh dari domisili tempat tinggalnya. Meskipun begitu, ia mengaku siap untuk mengikuti pelaksanaan KKN IK tahun ini.

"Awalnya agak kecewa soalnya teman di satu desa bisa satu kelompok sedangkan saya beda sendiri," ujarnya. (Mun)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 2916 Mahasiswa Siap Ikuti KKN IK 2021

Trending Now