Best Viral Premium Blogger Templates

Diskominfo Sosialisasikan Program Smart City dengan Pentas Seni

parist  id
Rabu, November 17, 2021 | 12:24 WIB


KUDUS, parist.id – Program smart city menjadi “gebrakan” yang diwacanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kudus. Untuk menyampaikan wacana tersebut kepada masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Kudus mengadakan pentas seni virtual yang digawangi oleh FK Metra.

Ketua FK Metra Kabupaten Kudus Muchammad Zaini menyebut pementasan ini sebagai sarana sosialisasi program pemerintah daerah kepada masyarakat luas. Smart City adalah konsep tata pemerintahan sebuah daerah yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mengintegrasikan seluruh infrastruktur dan pelayanan masyarakat. 

“Tujuan konsep ini supaya pelayanan publik terhadap akses ekonomi, pendidikan, sosial, pemberdayaan sumber daya manusia dan transportasi bisa kian meningkat. Itu yang ingin kami sampaikan kepada publik luas melalui kesenian ini,” kata Zaini.

Kesenian, menurut Zaini, adalah wahana yang dinamis untuk menyampaikan kritik dan aspirasi. Namun, di sisi lain, kesenian juga sarana komunikasi yang efektif untuk memberi pemahaman kepada masyarakat. Apalagi secara kultur, masyarakat Indonesia umumnya memiliki kecenderungan terhadap seni pertunjukan yang tinggi.

“Di sini lah peran FK Metra (Forum Komunikasi Media Tradisional) sebagai corong dibawah kelembagaan Dinas Kominfo,” sebutnya.

Salah satu adegan dalam pementasan FK Metra yang berjudul “Ngugemi Kudus Smart City” 

FK Metra yang selama ini diisi oleh para seniman dan budayawan lintas disiplin dirasa efektif untuk menyuarakan program pemerintah daerah dengan bahasa dan gambaran yang mudah dipahami oleh publik. Penggunaan media tradisional seperti tari, teater rakyat maupun kesenian lainnya menjadi pilihan utama dalam menyampaikan wacana publik.

“Pada kesempatan produksi yang ketiga tahun 2021 ini, FK Metra membuat pementasan teater rakyat berjudul “Ngugemi Kudus Smart City”. Harapannya, akan banyak masyarakat yang mengetahui, memanfaatkan serta turut andil mengawal perkembangan program tersebut,” jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Kudus sendiri berkomitmen untuk mewujudkan Kudus menjadi smart city. Penandatanaganan nota komitmen itu telah dilaksanakan pada 20 Mei 2021 di Command Center Diskominfo Kabupaten Kudus (20/05/21). 

Saat itu, Bupati Kudus dalam keterangan persnya, mengatakan sudah banyak inovasi terkait perkembangan IT yang dilakukan oleh dinas-dinasnya. Misalnya, aplikasi Pak Semmok milik Disdukcapil, aplikasi Sembara milik Dinsos P3AP2KB, dan juga aplikasi Simponi milik Diskominfo itu sendiri.

Pementasan virtual ini bisa disaksikan via Youtube pada link berikut https://www.youtube.com/watch?v=FLsqWdj3jXk (Mf)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diskominfo Sosialisasikan Program Smart City dengan Pentas Seni

Trending Now