Best Viral Premium Blogger Templates

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut, Bekal Anggota Sebelum Jadi Pengurus

parist  id
Selasa, November 02, 2021 | 10:33 WIB

 

Peserta Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) LPM Paradigma Tahun 2021. (Foto: Azkal/Paragraph)

KUDUS, parist.id - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Paradigma IAIN Kudus menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) 2021 di Desa Menawan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.

Bertempat di Aula balai desa Menawan, pelatihan diikuti oleh 22 anggota LPM Paradigma dan pemuda Karangtaruna Wira Bakti Desa Menawan ini berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu, (30-31/10/2021).

Ketua Panitia Pelaksana, Dhea Oktaviana mengatakan bahwa PJTL offline ini sebagai bentuk praktik langsung setelah para peserta mendapatkan materi secara online.

"Ini sebagai ajang teman-teman untuk terjun langsung ke lapangan mewawancarai masyarakat sesuai bidikan masing-masing," kata Dhea.

Menurutnya, pengangkatan branding potensi Desa Menawan lewat pelatihan jurnalistik ini dapat menjadi motorik bagi desa lainnya.

"Jangan sia-siakan kesempatan yang ada, gali data sebanyak-banyaknya dan maksimalkan pelatihan ini untuk mengembangkan skill jurnalistik temen-temen," pesannya.

Sementara itu, Fatwa Fauzian selaku Pimpinan Umum LPM Paradigma mengingatkan pentingnya penggalian data sebagai bahan penulisan features yang akan dipraktikkan langsung oleh peserta.

"Manfaatkan kesempatan ini, hindari kesalahan menulis features," tegasnya.

Fatwa menambahkan, bahwa PJTL ini sebagai syarat untuk anggota sebelum mereka dilantik sebagai pengurus baru.

"Ini adalah pelatihan yang wajib temen-temen ikuti, karena syarat menjadi pengurus LPM Paradigma, harus sudah mengikuti PJTL," tandasnya.

Salah satu peserta PJTL, Novia Alfiyanti menyampaikan pendapatnya terkait PJTL offline yang diikutinya. Meskipun harus begadang larut malam untuk menyelesaikan tulisan, menurutnya PJTL ini sangat pas untuk melatih kepenulisan features.

"Menyenangkan, meskipun capek, harus bolak-balik cari narasumber, begadang menggarap tulisan, tapi ini bekal saya di sini, kesempatan belajar jurnalistik bareng temen-temen," ungkapnya. (Alf/Yas)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut, Bekal Anggota Sebelum Jadi Pengurus

Trending Now