Best Viral Premium Blogger Templates

Diskusi Buku, Mahasiswa KKN IAIN Kudus Angkat Dersalam Gumregah

parist  id
Jumat, Desember 24, 2021 | 20:54 WIB

KUDUS, parist.id – Tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) IAIN Kudus Desa Dersalam mengadakan Diskusi Buku “Dersalam Gumregah, Ngabhekti Tumpraping Bumi, Ekonomi lan Moderasi”. Diskusi berlangsung secara offline di Warung Kopi Baca (Warkoba), Dersalam, Kudus, Jumat (24/12/2021).

Bekerjasama dengan OPZ Organizer Warkoba dan PARIST Penerbit, diskusi ini sebagai pemantik untuk menghidupkan event perbukuan di Kudus. Ketua KKN IAIN Kudus Desa Dersalam, Melina Nurul Khofifah mengatakan, buku Dersalam Gumregah mengangkat tentang moderasi, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), profil dan data-data yang ada di Desa Dersalam.

“Dersalam Gumregah itu kami ambil dari gumregahing ati. Kami ingin menunjukkan bahwasanya Desa Dersalam adalah desa yang wah, greget,” ujar Melina. 

Menariknya, sambung Melina, moderasi bergama di Dersalam harus inklusif. Baik warga islam maupun yang non muslim berbaur menjadi satu ketika ada acara haul. 

"Di setiap daerah memeriahkan dengan mengikuti arak-arakan haul," sambungnya.

Dengan diterbitkannya buku ini, Melina berharap dapat menjadi pertimbangan pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Dersalam dalam menjalankan program desa kedepannya.

“Ya semoga bisa di-looking back sama pemerintah desa sih, soalnya kami nulis kan juga buat branding Desa Dersalam juga,” tambahnya.

Sesi diskusi buku Dersalam Gumregah oleh Tim KKN IAIN Kudus di Warung Kopi Baca (Warkoba).

Sementara itu, pemantik diskusi, Ade Achmad Ismail mengapresiasi teman-teman KKN IAIN Kudus yang sudah bersedia menerbitkan dan menyelenggarakan diskusi buku Dersalam Gumregah ini.

“Saya ikut senang dan bangga ada yang mengangkat Desa Dersalam untuk diterbitkan jadi buku. Ini bisa jadi feedback buat kami (parist penerbit) dan warkoba yang sudah dua tahun di Dersalam,” kata Ade.

Sementara itu, Bernika Aulia Nur, salah satu penulis yang juga warga asli Desa Dersalam, turut senang dapat menerbitkan buku untuk desanya sendiri.

“Senang dan berharap kedepannya buku ini jadi referensi untuk Pemdes, warga Dersalam atau mahasiswa yang akan KKN selanjutnya,” ungkapnya. (Sim)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diskusi Buku, Mahasiswa KKN IAIN Kudus Angkat Dersalam Gumregah

Trending Now