Best Viral Premium Blogger Templates

Pembinaan Ormawa, Kasubdit Sarpras Sampaikan 5 Poin Penting Bagi Aktivis Mahasiswa

parist  id
Minggu, Maret 13, 2022 | 17:55 WIB



Kampus, parist.id - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus mengadakan Pembinaan Ormawa (Organisasi Mahasiswa) mengusung tema "Pembinaan Ormawa Menuju Mahasiswa Berprestasi Akademik dan Non Akademik". Bertempat di Aula SBSN lantai 2, acara yang diperuntukkan untuk 53 ormawa ini dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris, Sabtu (12/03/2022).

Hadir dalam acara, Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan IAIN Kudus, Muchammad Sidik Sisdyanto menyampaikan 5 poin penting yang harus dimiliki oleh setiap aktivis mahasiswa. Poin pertama ialah pentingnya kerja sama dan kekompakan antar ormawa, demi terciptanya suasana nyaman dalam lingkungan pendidikan.

"Kalau kita pengen lari cepat, maka cukup lari sendirian. Kalau kita pengen lari jauh, maka harus lari bersama-sama. Disitulah pentingnya kerja sama," paparnya.

Poin Kedua, ia menekankan untuk jangan pernah mendua, dalam artian tetap mamatuhi pimpinan. Ketiga, jangan mewariskan konflik kepada generasi-generasi selanjutnya.

"Jangan mewariskan konflik-konflik yang sama kepada adik-adik kalian, konflik yang ada harus segera diselesaikan," Tegas Sidik.

Pembinaan Ormawa oleh pimpinan kampus bertempat di Aula SBSN lantai 2. (Foto : Santi/Paradigma)

Lebih lanjut, ia memaparkan poin keempat yang sering terjadi dalam internal organisasi, yakni jangan pernah menjatuhkan teman demi kepopuleran diri sendiri. Kemudian untuk poin terakhir, ia mengatakan agar setiap aktivis bisa mencetak sejarah baru dalam organisasi.

"Jangan hanya meniru yang dulu-dulu, dalam organisasi harus ada komitmen untuk menciptakan sejarah baru," jelasnya.

Pada Kelima poin tersebut, Sidik mengungkapkan bahwa hal tersebut perlu untuk selalu diingat dan diterapkan mengingat aktivis mahasiswa dikatakan sebagai etalase lembaga.

"Orang luar melihat sepak terjang mahasiswa sebagai cerminan IAIN," ujar Sidik.

Senada dengan Sidik, Wakil Rektor III IAIN Kudus, Ihsan mengatakan bahwa cermin IAIN dalam konteks utuh terletak pada Pimpinan Ormawa. Setiap ormawa tentu harus mengetahui Tugas Pokok dan fungsi (Tupoksi) sesuai dengan visi misi yang dijalankan pada setiap ormawa. 

"Jika tiap ormawa mengetahui tupoksinya dengan baik, maka IAIN Kudus akan semakin membuat masyarakat tertarik," pungkasnya.


Reporter : Dhea
Editor : Mirna
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembinaan Ormawa, Kasubdit Sarpras Sampaikan 5 Poin Penting Bagi Aktivis Mahasiswa

Trending Now