GenBI IAIN Kudus Bagikan Tips Tingkatkan UMKM di Tengah Pandemi

parist  id
Minggu, April 17, 2022 | 05:59 WIB
Tiar Bachroni sedang menjelaskan cara menjadi seorang enterpreneur yang baik dan benar melalui webinar UMKM via zoom meeting, Sabtu (16/04). (Foto : Lia/Paradigma) 


PARIST.ID, Kampus- Generasi Baru Indonesia (GENBI) IAIN Kudus mengadakan webinar yang diikuti kurang lebih 85 peserta melalui zoom meeting. Mengusung tema "Meningkatkan Produktivitas di tengah Pandemi Melalui UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Kreatif", webinar ini mengundang pemateri tunggal, yakni Tiar Bachroni, S.H., Sabtu (16/04/2022).

Ketua GenBI komisariat IAIN Kudus, Najib Iqom El Hikam, mengatakan maksud dan tujuan dari pengambilan tema tersebut. Ia ingin para generasi muda dapat meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan menambahkan nilai kreativitas dalam setiap produksi.

"Kami ingin anak muda zaman sekarang lebih kreatif lagi, apalagi di tengah pandemi seperti ini, nilai kreativitas suatu produk sangat di pentingkan," jelasnya.

Selaku pemateri, Tiar Bachroni, memaparkan terkait tips berjualan yang cukup efektif. Menurutnya, di samping penjualan melalui store offline, penjualan produk dapat juga dilakukan secara online.

"Untuk menjual produk yang kita miliki, kita bisa menjualnya lewat media online dan kita bisa tetap produktif di tengah pandemi," paparnya.

Ia berharap, bahwa pemuda-pemuda generasi Indonesia dapat menguasai pasar lokal hingga kancah internasional. Ia menekankan jangan sampai pemuda bangsa Indonesia menjadi budak di negeri sendiri. 

"Saat ini Indonesia sedang kekurangan generasi muda yang kreatif, karena kebanyakan pelaku UMKM adalah orang-orang yang telah lanjut usia. Maka dari itu jadilah pemuda yg kreatif dan produktif," pungkasnya. 

Reporter : Lia, Nada
Editor : Mirna
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • GenBI IAIN Kudus Bagikan Tips Tingkatkan UMKM di Tengah Pandemi

Trending Now