Direktorat PTKI Bakal Adakan Lomba Majalah Kampus



Parist.Id, Yogyakarta- Direktorat PTKI berencana mengadakan lomba majalah antar Lembaga Pers mahasiswa se-Indonesia yang bernaung di bawahnya. Hal itu dikatakan Ruchman Bashori, Kepala Sarpras dan Kemahasiswaan Direktorat PTKI di acara pengembangan jurnalistik mahasiswa PTKI se-Indonesia di Hotel Cavinton pada Kamis (27/07/17)

Dalam acara tersebut, ia mengatakan bahwa alasannya mengadakan pelatihan itu adalah awal dari ikhtiarnya untuk membangkitkan pers mahasiswa agar kembali bergairah untuk berkarya. Biasanya, karya yang paling sering diproduksi pers mahasiswa adalah majalah, buletin, tabloit, dan website. 

(Foto: faqih/Paragraph)
“Saya dan teman-teman akan bertekad untuk mengadakan lomba majalah ini dengan tujuan membangkitkan kembali gairah jurnalis mahasiswa dalam berkarya,” ungkap Ruchman.
 
Sementara itu, Safryansyah selaku Kasubdit Sarpras Direktorat PTKI menjelaskan, peran pers mahasiswa sejak dulu hingga sekarang sangatlah penting dalam aksesibilitas informasi, baik di dunia kampus maupun luar kampus. 

“Dengan semangat kemerdekaan persnya mereka telah melakukan tugasnya sebagai media massa yang memberikan informasi kepada masyarakat secara berkelanjutan,” ujar Safry.

Menurutnya, produk jurnalistik berupa majalah telah menjadi ciri khas dari pers mahasiswa. Sayangnya produk jurnalistik itu sekarang kurang diapresiasi masyarakat sebab konten yang melulu tentang kampus. 

“Langkah ini sangat bagus, saya sangat mengapresiasi rencana lomba majalah ini. Saya berharap seluruh insan pers mahasiswa dapat menuangkan idenya dalam majalah dan menjadi salah satu sumber literasi bagi kita nantinya,” katanya.

Dalam rancangan anggaran yang diusulkan juara satu lomba majalah nantinya akan mendapat hadiah uang pembinaan Rp. 30.000.000,-. (Faqih/FAR).