BI Dorong Pemberdayaan Ekonomi Bagi Kaum Wanita



Menjalankan fungsinya menjaga stabilitas moneter negara, Bank Indonesia mengadakan seminar ekonomi bersama Muslimat NU Jepara. Acara itu bertujuan untuk mendorong kaum wanita untuk terlibat mendirikan UMKM demi kesejahteraan yang lebih merata. Bertajuk Peran Bank Indonesia dalam Akses Keuangan dan Pengembangan UMKM di Indonesia itu dilaksanakan di Hotel Jepara Indah, Sabtu (19/08/17).

Anggota Komisi XI DPR RI F-PKB Fathan Subchi sedang berorasi. (Paragraph)
Hadir sebagai pembicara, Anggota Komisi XI DPR RI F-PKB Fathan Subchi, Manajer Fungsi Pelaksana Bank Indonesia Jawa Tengah Abdul Rohman. Hadir pula Pimpinan Bank Jateng Kab Jepara Heri Supriyanto dan Dinas Koperasi  dan UKM Nakertrans Kabupaten Jepara Nasukha.

Manager fungsi pelaksana Bank Indonesia Jawa Tengah, Abdul Rohman menyampaikan bahwa peran UMKM dalam menopang ekonomi nasional sangatlah besar. UMKM juga merupakan penyelamat jitu bagi ekonomi Indonesia sekaligus solusi saat terjadi krisis moneter.

"Alasan Bank Indonesia mendukung program ini dan ikut membangun UMKM adalah untuk menjaga stabilitas moneter," Ujar Rohman.

Sementara itu, Fathan Subchi mengatakan organisasi kaum perempuan semisal Muslimat NU harus diberdayakan utamanya dalam bidang pengembangan ekonomi agar perjuangannya menegakkan agama bisa kuat dan solid. Pemerintah perlu terjun secara langsung membina Muslimat agar memiliki jiwa entrepreneur yang mantap. 

"Jiwa enterprenuar harus diasah dengan terjun langsung dalam usaha riil demi mewujudkan kemandirian ekonomi. Kemandirian ekonomi akan berdampak pada kuat dan solidnya umat dalam mewujudkan Islam yang ramatan lil alamin,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu politisi asal Kabupaten Demak itu juga mengapresiasi atas berdirinya Koperasi “Annisa” yang dikelola Muslimat NU Jepara. Menurutnya itu bisa menjadi inspirasi bagi organisasi perempuan yang lain untuk berjuang mensejahterakan umat.

"Saya dengar Muslimat Jepara sudah memiliki Koperasi Annisa dan usaha catering. Itu bisa jadi modal dan inspirasi bagi muslimat yg lain untuk berwirausaha," ujar Fathan.

Adanya acara ini juga menjadi awal dari hubungan yang kuat antara Bank Indonesia dengan Muslimat NU Jepara dalam membangun jaringan. Acara itu diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan sekaligus bukti kerjasama BI dengan Muslimat NU Jepara.[] (FAR)