Termotivasi Buat Band Karena Chairil Anwar



Parist.ID, KUDUS - Walaupun sudah tiada, Chairil Anwar sebagai penyair terkenal Indonesia telah mewariskan puisi-puisinya ke generasi muda. Melalui puisinya, Hanafi Yazid terinspirasi membuat band yang dinamakan “Berteriak Lantank”. 

SEMANGAT : Persembehan grup band Berteriak Lantank dengan penampilan penuh semangat. FOTO : AFANDI/PARAGRAPHFOTO

Hal tersebut disampaikannya dalam rangka memperingati bulan kelahiran Chairil Anwar pada Forum Apresiasi Santra dan Budaya Kudus (Fasbuk) di Auditorium Universitas Muria Kudus (UMK) dengan mengusung tema “Semangat Muda”, Senin, (1/8).


Tim Fasbuk mengundang langsung group band yang mengabadikan puisi-puisi Chairil Anwar dalam bentuk musikalisasi puisi. Band yang berdiri sejak 21 April 2011 ini memiliki semangat muda sebagaimana penyair Chairil Anwar. Sehingga dengan mewarisi semangat itu, Hanafi Yazid sebagai pendiri band ini menamakannya ‘Berteriak Lantank’. Salah satu motivasinya adalah ingin menagih janji para pimpinan negeri yang selalu dikatakan saat kampanye. 


“Kenapa hal itu tidak diteriak langtangkan agar terdengar oleh masyarakat,” katanya.


Sementara itu, rektor UMK, Suparnyo sangat bangga kepada generasi muda karena bersedia melestarikan dan mengapresiasi sastra dan budaya yang hampir pudar akibat perkembangan zaman. 


“Kita harus tetap jaga semangat dalam melestarikan sastra dan budaya yang telah diwariskan para pendahulu,” katanya.


Wakil rektor 3 UMK, Subarkah, juga mengapresiasi dan berharap acara ini menjadi rutinitas yang baik dan lebih baik lagi. (Afandi/Sal)