Cak Nun : Pesantren Bakal Jadi Percontohan Pendidikan Dunia

KUDUS, PARIST.ID- Budayawan Emha Ainun Najib (Cak Nun) berpendapat bahwa pendidikan pesantren akan menjadi percontohan pendidikan dunia. Hal itu disampaikan dalam acara "Sinau Bareng Cak Nun" di halaman Pondok Pesantren (ponpes) Al-Qur'an Al-Muayyad Al Maliky, Kecamatan Jati, Selasa, (5/12/2017).
Percontohan : Cak Nun menjelaskan kelebihan pesantren kepada jamaah di PP. Al-Muayyad, Jati, (05/12/17).
Pendidikan pesantren merupakan salah satu warisan para wali yang telah menyiarkan Islam di Nusantara. Berbagai ilmu yang ada telah berhasil membangun karakter dan jati diri bangsa selama ini,” ujar Cak Nun.

Lebih lanjut Cak Nun menuturkan, sebenarnya pendidikan ala pesantren telah diadopsi banyak pemikir pendidikan, salah satunya oleh Ki Hadjar Dewantara. Menurut Cak Nun ini sebab pola pendidikan pesantren warisan para wali itu memang sudah lengkap dan tepat takarannya.

“Pendidikan pesantren mengajarkan kesamaan derajat, tidak ada saling berebut menjadi yang terdepan antara satu dengan yang lainnya. Ini seperti siklus tawaf haji, yang syarat akan nilai-nilai kemanusiaan, keadilan dan kepentingan bersama untuk satu tujuan yaitu Allah semata,” imbuhnya.

Cak Nun menambahkan, masyarakat Indonesia tidak perlu takut dan gentar menghadapi perubahan zaman yang semakin menggerus karakter bangsa. Sebab, dengan pendidikan ala pesantren, Indonesia akan tetap berjaya di atas negara-negara barat.


"Kita jangan sampai takut dan memang tidak perlu takut, minder ataupun gemetar dengan bangsa barat. Pesantren akan tetap ada sampai kapanpun, Indonesia akan kuat dengan pesantren. Dunia akan berkiblat kepada pesantren," tegasnya. (Faqih/FAR)