Ajarkan Cinta untuk Bangun Negara Maju

Parist.Id, Jepara - Doktrin yang dipenuhi pemahaman cinta menjadi salah satu penentu kejayaan suatu negara. Terutama bagi pemuda, mencintai bangsanya adalah hal mutlak agar bisa berperan maksimal dalam membangun peradaban.


Hal itu mengemuka dalam Sosialisasi Empat Pilar bersama Anggota MPR RI, Drs. H. Fathan Subchi di Jepara, Senin (23/04/18).

"Karakter pemuda bisa terbentuk jika mencintai tanah airnya. Dari situ ia bisa tahu siapa dirinya, darimana asalnya dan untuk apa ia diciptakan di bumi Indonesia," kata Fathan.

Menurut Fathan, pemuda dengan jiwa nasionalisme yang kokoh selalu memiliki kemauan untuk berinovasi demi kemajuan negaranya. Ia juga selalu memiliki cita-cita untuk berkontribusi secara nyata dan berkarya sesuai bidang yang digelutinya.

"Bagi mereka yang setuju NKRI Harga Mati, pasti akan melakukan apa saja demi Indonesia sesuai kemampuan," imbuhnya.

Fathan melanjutkan, Nasionalisme pemuda bisa dilihat dari perilaku yang mencerminkan penerapan empat pilar negara, utamanya pancasila. Pemuda yang sikap dan sifatnya sesuai dengan pancasila tidak akan mudah terpengaruh, apalagi sekadar hoaks.

"Pemuda nasionalis harus tampil di dunia nyata maupun maya untuk menebar virus cinta dan optimisme kepada bangsa. Penguatan lterasi menjadi cara efektif untuk mewujudkan itu," katanya.


Sementara, salah satu peserta, Sutris (22), mengatakan sebagai pemuda ia berharap semakin banyak pemuda yang sadar untuk menebar virus damai. Indonesia harus bisa jadi pelopor dalam mewujudkan cita-cita kehidupan yang damai, adil dan sejahtera bagi masyarakat internasional. (rls/rid)