Keliling Desa, Sambut Ramadan dengan Keceriaan



JEPARA, PARIST.ID – Menghadapi bulan Ramadan, PAC IPNU dan IPPNU Keling tampil beda. Bulan yang dianggap suci bagi umat Islam itu disambut dengan keceriaan melalui karnaval berkeliling desa se Kecamatan Keling siang kemarin.
 
Ketua PAC IPNU Keling, Nur Khasan menuturkan, pihaknya memang sengaja melakukan pawai ke desa-desa untuk mengabarkan keceriaan menyambut Ramadan kepada khalayak ramai.

”Ramadan harus disambut dengan gembira dan suka cita, sebab di bulan ini biasanya umat Islam makin giat beribadah karena dijanjikan pahala yang berlipat,” tutur Khasan kepada wartawan.

Selain menyambut datangnya Ramadan, kegiatan pawai karnaval ini dilakukan sebagai cara mengenalkan IPNU dan IPPNU kepada masyarakat luas. Hampir seluruh desa di Kacamatan Keling dilalui karnaval yang diikuti ratusan peserta yang merupakan kader dan simpatisan organisasi pelajar NU ini.

”Ini memang menjadi bagian dari cara kami mengenalkan organisasi kami. Apalagi saat ini sedang heboh gerakan-gerakan Islam radikal. Tentu dengan makin banyaknya pelajar dan pemuda yang mau merapat di organisasi ini, Insyaallah negara aman. IPNU dan IPPNU sebagaimana NU mengusung ideologi Islam yang ramah, yang toleran, dan moderat. Semoga di Keling ini IPNU dan IPPNU mudah diterima sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat,” imbuh Khasan.

Karnaval ini sendiri mengambil start di Lapangan Desa Jlegong. Kemudian menempuh rute kurang lebih 5 kilometer. Setelah berkeliling desa, peserta yang menggunakan sepeda motor dan juga kendaraan bak terbuka berkumpul kembali di lapangan. Panita menyediakan beberapa hadiah hiburan bagi peserta yang beruntung. Sementara itu kegiatan menyambut Ramadan ini dilanjutkan dengan gebyar salawat malam harinya. Pengisi rebbana nantinya bergiliran dari masing-masing ranting di PAC Keling yang memiliki grup rebbana. (aua)