Wisuda Dibatalkan, Mahasiswa Kecewa


Ratusan calon wisudawan/wisudawati IAIN Kudus mendengarkan paparan dari Wakil Rektor Satu, Dr. Supa'at, M.Pd.
KAMPUS, PARIST.ID – Rencana wisuda yang akan berlangsung 30 Juni mendatang, dibatalkan oleh pihak IAIN Kudus. Hal itu disampaikan oleh Wakil Rektor Satu, Dr. Supa’at, M.Pd di aula lantai satu Gedung Baru Tarbiyah, Jumat, (8/6/18). Dihadapan ratusan calon wisudawan/wisudawati, Supa’at menjelaskan beberapa hal terkait ditundanya wisuda bulan ini.

Sejumlah mahasiswa merasa kecewa dengan keputusan tersebut. Karena mereka sudah mempersiapkan segalanya menyambut pelaksanaan wisuda. Sebut saja, Luluk Fatimah, mahasiswi PAI dari Kudus yang jauh-jauh hari sudah mem-backup segala keperluan wisuda. Semisal tata rias dan pernak-pernik wisuda.

“Sedikit kecewa, tapi mau bagaimana lagi,” ujarnya.

Nur Udin, mahasiswa asal Jepara menyayangkan ditundanya pelaksanaan wisuda. Udon sapaan Nur Udin sudah memberitahukan kepada orang tuanya bahwa ia wisuda akhir bulan Juni ini. Ijazah yang ia dapat akan dipergunakan untuk mencari pekerjaan.

Umi Latifah, mahasiswa angkatan 2013 ini juga mengungkapkan kekecewaanya terhadap batalnya wisuda Bulan Juni. Menurutnya, mahasiswa ikut merasakan imbasnya atas perubahan status lembaga. Bukan hanya mahasiswa saja yang merasakan kecewa bahkan dirugikan, tetapi juga harapan orang tua, tata rias dan segalanya yang sudah dipersiapkan matang-matang oleh calon wisudawan. Umi mendukung sepenuhnya atas peralihan status, tetapi jangan mengorbankan mahasiswa terlebih yang sudah selesai ujian.

"Kemarin wisuda April sudah diundur Juni. Giliran sudah Juni, malah diundur tanpa kepastian yang jelas," ungkapnya.

Hal yang berbeda justru dirasakan oleh Iqbal Abdul Rouf dan Fuad Hasan. Meskipun wisuda ditunda, namun tidak mengurangi rasa solidaritas mereka terhadap sesama teman. Bagi mereka, ini adalah peluang bagi mahasiswa yang belum mengikuti munaqosah (ujian) skripsi maupun yang belum daftar wisuda.

“Tidak begitu kecewa karena teman saya masih berkesempatan mengikuti ujian dan wisuda bersama saya,” jelas Fuad Hasan. (Salim)