Polres Kudus Didik Mahasiswa Budayakan Keamanan Berkendara


PARIST.ID, KAMPUS - Polisi Resort (Polres) Kudus melalui UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) didik mahasiswa untuk membudayakan keamanan berkendara sekaligus menunjang Glorifikasi Millenial Road Safety Festival melalui Seminar Dikmas Lantas di IAIN Kudus pada Kamis, (21/02/2019) di Aula SBSN lantai 2.
Polisi Resort (Polres) Kudus menyampaikan materi pada Mahasiswa IAIN Kudus dalam kegiatan "Millennial Road Safety Festival 2019"

Kepala Bidang Operasional (KBO) Polres Kudus, Upoyo, mengatakan ketertiban lalu lintas di Indonesia terbilang buruk dibanding dengan negara tetangga kita seperti malaysia.

"Masyarakat kita masih banyak yang melanggar aturan tata tertib lalu lintas. Padahal hal itu penting diperhatikan untuk keselamatan sesama pengendara. Sikap tersebut yang membuat berkendara kita masih buruk," tuturnya.

Selain itu, hukuman bagi pelanggar di Indonesia juga masih sebatas mendapat sanksi dan sidang ke pengadilan. Sedangkan di negara tetangga biasanya akan ada sanksi berat seperti larangan membuat visa. "Dengan itu pelanggar tidak bisa bepergian ke luar negeri. Dampaknya mereka akan berpikir beberapa kali jika ingin melanggar marka," jelas Upoyo.

Di sisi lain, Rektor IAIN Kudus, Mundzakir menyampaikan respon positif atas kegiatan ini. "Pendidikan akan berkendara itu perlu. Terlebih bisa mengubah mental agar tidak seenaknya di jalan." Tutur Mundakir.

Tak ketinggalan, para mahasiswa juga menyambut baik kegiatan tersebut. Mereka hadir dan ikut  menyaksikan parade motor oleh pihak kepolisian.

"Jelas sangat baik. Kita mendapat wawasan tentang tata cara berkendara yang aman seperti yang bapak polisi peragakan."Jelas Sholehah, salah satu mahasiswi IAIN Kudus.(Fandi/Intan/Fal)