12 Komunitas Kudus Ikuti Bengkel Bahasa

KUDUS, PARIST.ID - Sebanyak 40 peserta dari 12 komunitas kepenulisan di Kabupaten Kudus mengikuti kegiatan Bengkel Bahasa dan Sastra 13-4 April 2020 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jawa Tengah (BBJT) di Aula hotel @Hom Kudus. Pelatihan menulis ini akan difokuskan pada kepenulisan cerpen dan esai, Jum'at (13/02/2020). 

12 komunitas berpartisipasi dalam pelatihan ini, komunitas tersebut adalah Keluarga Penulis Kudus, Omah Gatra, Komunitas Fiksi Kudus, Omah Dongeng Marwah, Keluarga Berkarya, Jagong Sastra, Omah Aksi, Paradigma Institute, PENAMASKU, Pena Kampus, Komunitas Guru Menulis, dan Yuk Main Kudus.

Hadir sebagai Ketua komunitas Penulis Kudus, Mukti Sutarman,  mengatakan acara ini sangat membahagiakan bagi komunitas kepenulisan di Kudus. Ia juga menghimbau agar acara ini bisa berkelanjutan. 

Menurutnya kegiatan ini akan bisa menjadi alternatif untuk menciptakan penulis yang handal. 

"Kami harap terciptanya cerpenis dan esais yang gilang gemilang," ungkapnya.

Sejalan dengan itu dalam sambutannya Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah (BBJT), Tirto Suwondo,  mengatakan,  adanya pelatihan ini untuk meningkatkan minat baca dan menulis masyarakat khususnya anak muda.

Mengusung konsep bermuatan lokal dalam tema latihan kepenulisan ini, Tirto menghimbau agar panitia tidak terlalu membebani peserta dalam obyek tulisannya.

"Konsep muatan lokal jangan membebani peserta," tegasnya.

Ia juga mengatakan setelah kegiatan ini karya dari peserta akan dibukukan menjadi buku antologi cerpen dan antologi esai.

"Dana sudah kami siapkan untuk menerbitkan buku karya dari peserta," katanya. 
(Yan)