Kenalkan Investasi, KSPM Gelar Seminar Pasar Modal

KAMPUS - Guna memberikan edukasi terhadap generasi milenial mengenai investasi, Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) IAIN Kudus menggelar acara seminar pasar modal syariah. Pasalnya, seminar ini merupakan lanjutan dari sekolah pasar model yang pertama. Bertempat di Gedung V Lantai II, seminar diikuti oleh mahasiswa dari berbagai fakultas pada Senin, (02/03). 

Ketua Panitia, Hilmi Maula, mengatakan, seminar pasar modal kali ini diselenggarakan guna memberikan edukasi terhadap generasi milenial agar tidak tertinggal dengan perkembangan zaman mengenai maraknya investasi. 

“Pemerintah juga menggalakkan kepada generasi  milenial untuk berinvestasi, sehingga penting bagi mahasiswa untuk turut berperan,” kata Hilmi. 

Sementara itu, Narasumber Trainer Indonesia Stock Exchange (IDX) Semarang, Ahmad Nuranyanto, menyampaikan, mengenai investasi dan cara memilih saham, termasuk kriteria saham syariah dan saham reguler. “Hal ini dimaksudkan agar dalam memilih saham dapat terhindar dari spekulasi atau judi yang tidak dibenarkan dalam syariat islam,” jelasnya. 

Ia juga berharap, seminar kali ini dapat menambah minat mahasiswa dalam berinvestasi. “Saya berharap acara seminar pasar modal ini tidak hanya sekadar teori, tapi mahasiswa juga dapat mengaplikasikanya di masa yang akan datang,” harap Nuranyanto.

Trainer Phintraco Sekuritas(Phintas) Nico Pracahya SST, mengapresiasi antusias  mahasiswa dalam memperhatikan materi yang disampaikan narasumber. Ia menilai bahwa seminar ini masih belum cukup dan perlu di lanjutkan untuk level berikutnya.

“Kiranya beberapa istilah yang saya sampaikan masih terdengar asing untuk mereka dan itu perlu untuk ditindak lanjuti lebih dalam dengan mengikuti seminar pasar modal syariah level II,” tandasnya .(Sulaiman/Um)