Iklan

KPU Goes To Kampus, Ketua PWI Pati Tekankan Pentingnya Literasi Media

parist  id
Rabu, November 25, 2020 | 11:57 WIB


PATI, PARIST.ID - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Terma STAI Pati bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pati  dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menggelar kegiatan KPU Goes To Kampus. Dengan mengangkat tema 'Peran Media dalam Pendidikan Demokrasi', acara yang bertempat di gedung A Lantai 1 STAI Pati ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan pendidikan politik dan partisipasi pemilih dalam pemilu.

Ketua PWI Pati, Mochammad Noor Efendi menyampaikan,  literasi media penting untuk dipahami seluruh kalangan masyarakat. Menurutnya derasnya arus informasi di media sosial harus dibendung dengan pemahaman etika bermedia.

"Media itu informasi dan komunikasi, etika kita bermedia harus seperti etika ketika di dunia nyata," ucapnya Selasa (24/11).

Selanjutnya, Efendi juga menyarankan kalangan masyarakat untuk berjurnalisme warga dengan baik. Namun ia menekankan agar tetap memperhatikan Kode Etik Jurnalistik yang berlaku dalam menyampaikan informasi.

"Bagaimana kita mendorong masyarakat bersama-sama membangun idealisme yg baik, agar kita berdemokrasi dan bernegara bisa bernilai positif," tandasnya.

Sementara itu, Divisi teknis penyelenggaraan KPU Pati Supriyanto menyampaikan, mewujudkan demokrasi yang sehat merupakan tanggung jawab bersama, sehingga harus ada partisipasi peran dari media, termasuk mahasiswa.

Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi bekal teman-teman pers mahasiswa agar bisa berkontribusi penyelenggaraan pemilu tahun mendatang.

"Harapan kami, temen-temen pers mahasiswa dapat berperan aktif dalam memerangi berita hoax seperti di pemilu tahun sebelumnya," terangnya. (ha/win)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPU Goes To Kampus, Ketua PWI Pati Tekankan Pentingnya Literasi Media

Trending Now

Iklan