Best Viral Premium Blogger Templates

Peringati World Clean Up Day, UKM Palwa ’’51’’ Mengadakan Kegiatan Pendakian dan Bersih Gunung

parist  id
Selasa, September 21, 2021 | 21:57 WIB

Kegiatan bersih sampah di puncak Natasangin, Rahtawu, Gebog, Kudus, Minggu (19/09).
Foto: dok. Palwa "51"


KUDUS, parist.id - Memperingati hari bersih-bersih sedunia atau World Clean Up Day (WCD), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) IAIN Kudus PALWA “51” gencarkan aksi pendakian dan bersih gunung.

Hari bersih-bersih sedunia merupakan salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara untuk membersihkan bumi. Kegiatan dilakukan selama dua hari satu malam pada tanggal 18-19 September 2021 di Puncak Natasangin, Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.

UKM PALWA “51” mengambil tema “Gunung Asik Tanpa Sampah Plastik” karena menurut mereka, semakin hari maka semakin  banyak sampah yang ada di gunung akibat sampah plastik yang sangat sulit teruarai. Belum lagi, sampah yang ditinggalkan oleh para pendaki yang tidak bertanggungjawab. 

Aksi pendakian dan bersih gunung dilakukan oleh 21 anggota PALWA “51” yang berkolaborasi dengan relawan Base Camp Natasangin, MAPALA Mahasiswa Hukum Pecinta Alam (MAHUPA) Universitas Muria Kudus, MAPALA Arga Dahana Universitas Muria Kudus, Komunitas Pecinta Alam Kudus ( KOMPAK ), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) AL-Izzah IAIN Kudus, UKM Olah Raga (Olga) IAIN Kudus, UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) IAIN Kudus dan calon anggota PALWA“51”. 

Ada beberapa titik untuk pengambilan sampah, pertama di area Petilasan Eyang Abiyoso, kedua area Puncak Natasangin, ketiga Jalur Bebek, dan yang keempat Jalur dari Petilasan Eyang Abiyoso menuju Base Camp Natasangin. 

Dari kegiatan ini, menghasilkan 18 Trash Bag sampah yang akan dibuang di Tempat Pembuang Sampah ( TPS ) di belakang Balai Desa Rahtawu. Acara pendakian ditutup dengan kegiatan Outbond yaitu  mendirikan tenda oleh semua partisipan untuk memeriahkan acara tersebut.

Dari kegiatan pendakian dan bersih gunung ini, anggota PALWA “51” berharap para pendaki lain bisa meniru dan terpanggil untuk melakukan kegiatan seperti ini, dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan gunung, karena gunung bukan tempat sampah. (UKM Palwa "51")

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati World Clean Up Day, UKM Palwa ’’51’’ Mengadakan Kegiatan Pendakian dan Bersih Gunung

Trending Now