Best Viral Premium Blogger Templates

Bekali Mahasiswa Pelatihan KTI, IAIN Kudus Berencana Meniadakan Skripsi

parist  id
Minggu, Desember 12, 2021 | 08:58 WIB
Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan di gedung Rektorat lantai 3, Sabtu (11/12/2021). (Foto: Alfia/Paradigma)

KUDUS, parist.id – Institut Agama Islam Negeri Kudus mengadakan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah sebagai bekal keterampilan menulis mahasiswa. Pada kesempatan itu, Wakil Rektor III menyampaikan rencana IAIN Kudus meniadakan skripsi tahun 2023 mendatang.

Pelatihan yang dipandu oleh Prof Irwan Abdullah bersama Tim IA Scholar Foundation berlangsung selama empat hari di Gedung Rektorat lantai 3 IAIN Kudus, Sabtu (11/12/21).

Wakil Rektor III,  Ihsan mengungkapkan adanya pelatihan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam menulis karya tulis ilmiah serta membantu mempercepat kelulusan mahasiswa. 

"Kita bekali mahasiswa menulis karya tulis ilimiah terutama untuk publish," ungkap Ihsan.

Ihsan membeberkan, di tahun 2023, IAIN Kudus berencana akan meniadakan ujian skripsi dan diganti dengan jurnal yang dipublish. 

"Tahun 2023 kita tidak pakai lagi skripsi, kita cukup pakai jurnal yang dipublish di SINTA," bebernya.

Senada dengan Ihsan, Rektor IAIN Kudus, Mundzakir, menjelaskan bahwa pelatihan ini juga menjadi penguatan uji akreditasi program studi, maupun institut. 

"Pengembangan akreditasi kampus terlihat hasil jurnal mahasiswa dengan dosen," terang Mundakir.

Mundzakir menegaskan pelatihan ini mendorong keterampilan mahasiswa dalam meraih karier di masa depan.

"Jadi, CPNS kemarin juga dilihat seberapa jurnal yang telah ditulis dengan nilai 0-25, maka jangan sia-siakan (kesempatan /red) ini," tegasnya.

Di samping itu, Prof Irwan Abdullah selaku pemateri, menuturkan, menekuni keterampilan menulis dapat mengubah hidupnya sampai sekarang. 

"Saya tidak pernah memikirkan pangkat, tapi semua yang mengubah hidup saya ternyata dari menulis," ujarnya.

Dewi Aprilia, salah satu peserta mengungkapkan antusiasmenya mengikuti Pelatihan Penulisan KTI. Menurutnya pelatihan ini dapat memperkaya diri dalam menguasai penulisan KTI. 

"Senang sekali saya yang pengen bisa nulis artikel kaya yang lain," ungkapnya. (Alf)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bekali Mahasiswa Pelatihan KTI, IAIN Kudus Berencana Meniadakan Skripsi

Trending Now