Best Viral Premium Blogger Templates

Resmi Ditutup, KMD IAIN Kudus Diakhiri dengan Kegiatan Api Unggun

parist  id
Minggu, Desember 12, 2021 | 09:26 WIB
Kegiatan api unggun KMD Racana Sunan Kudus - Rabi'ah Al Adawiyah, Sabtu (11/12/2021). (Foto: Istimewa)

KAMPUS, parist.id - Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) XV Racana Sunan Kudus - Rabi'ah Al-Adawiyyah Tahun 2021 dilaksanakan secara online dan offline. Kegiatan yang berlangsung selama lima hari mulai Selasa hingga Sabtu, 7-11 Desember diakhiri dengan kegiatan api unggun dilanjutkan dengan Upacara Penutupan, Sabtu malam (11/12/2021).

Ketua Dewan Racana Rabi'ah Al-Adawiyyah, Anida Dina Alaiyya, mengungkapkan kegiatan dengan tema "Bina Pramuka, untuk Generasi Pembina 3A (Aktif, Adaptif, Aplikatif)" ini diikuti sebanyak 193 peserta terdiri dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Umum.

"Paling banyak dari mahasiswa Prodi PGMI, yaitu 107 peserta, sisanya dari mahasiswa prodi lainnya dan masyarakat umum," papar Anida.

Mahasiswa Prodi PGMI semester 7 tersebut menambahkan kegiatan KMD merupakan wadah bagi mahasiswa Prodi PGMI untuk mendapatkan ijazah pelatihan pembina pramuka.

"Jadi dari Racana memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan ijazah pembina Pramuka sebagai syarat kelulusan studi," jelasnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat berlangsung lancar sesuai tema yang diangkat yaitu melahirkan generasi pembina 3A (aktif, adaptif, aplikatif).  

"Semoga selanjutnya lebih banyak yang berpartisipasi, kegiatan ini dapat bermanfaat dan paling penting dapat menumbuhkan jiwa kepedulian sesama," ungkapnya.

Calon pembina Pramuka peserta KMD IAIN Kudus tahun 2021. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Ketua Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Kapusdiklatcab) Kudus, Akhmad Rifai, menjelaskan tujuan KMD adalah menyiapkan calon-calon pembina Pramuka yang mumpuni sesuai golongan masing-masing.

"Menjadi pembina harus benar-benar menjiwai, tahu persis apa dan bagaimana menjadi seorang pembina dengan didasari kemampuan dan keterampilan kepramukaan," jelasnya.

Ia menambahkan calon pembina Pramuka dibekali pengetahuan fundamental kepramukaan, kemudian praktik dan pembentukan karakter.

"Jadi yang dikuasai individu ada 3 poin yaitu sikap, pengetahuan, keterampilan," tambahnya.

Di sisi lain, Wardah Ayu, salah satu peserta mengungkapkan selama mengikuti kegiatan KMD mendapatkan banyak pengetahuan baru. Ia berharap acara ini dapat terus berjalan.

"Dari panitia semoga selalu kompak dan jangan ada miskomunikasi dengan peserta karena akan menimbulkan kesalahpahaman," ungkapnya. (Rin,Mun)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Resmi Ditutup, KMD IAIN Kudus Diakhiri dengan Kegiatan Api Unggun

Trending Now