Best Viral Premium Blogger Templates

PSGA Sosialisasikan Penanganan Kekerasan Seksual Pada Mahasiswa

parist  id
Jumat, Desember 31, 2021 | 09:51 WIB

 

Cegah kekerasan seksual, PSGA edukasi mahasiswa perihal penanganan KS. (Foto: Tyas/Paradigma)


KAMPUS, parist.id – Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus menggelar sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Kampus untuk mahasiswa Fakultas Tarbiyah. Acara ini bertempat di Ruang Auditorium Gedung SBSN lantai 2 dihadiri sebanyak 50 mahasiswa, Kamis (30/12/2021).

Sosialisasi ini menghadirkan empat narasumber yakni Dr. Hj. Nur Mahmudah, MA. (Ketua PSGA), Dr. Siti Malaiha Dewi, S.Sos., M.Si. (Ketua program studi Pemikiran Politik Islam), Hj. Farida, M.Psi (Tim Anti Kekerasan Seksual IAIN Kudus), Dr. Lina Kushidayati, MA. (Tim Anti Kekerasan Seksual IAIN Kudus).
 
Wakil Dekan 3 Fakultas Tarbiyah, Agus Retnanto, dalam sambutannya mengatakan adanya sosisalisasi ini diharap mampu menangkal tindakan kekerasan seksual di kampus IAIN Kudus.

"Sosialisasi ini sangat perlu, jangan sampai ada tindakan kekerasan seksual di kampus ini," ujarnya.
 
Ketua PSGA, Nur Mahmudah menegaskan yang perlu menjadi perhatian saat ini adalah kekerasan berbasis cyber. Beliau mengimbau kepada mahasiswa yang mendapat kiriman-kiriman tidak senonoh terkait kekerasan seksual melalui sosial media diharapkan melaporkan kepada PSGA.

“Tidak perlu malu melaporkan karena kami mempunyai kode etik menjaga identitas korban,” jelas Mahmudah.
 
Senada dengan Mahmudah, Kaprodi PPI, Siti Malaiha Dewi memberi pesan apabila menemui calon-calon pelaku yang mengeluarkan gestur bermaksud melecehkan maka segera dilawan atau dihentikan.

"Lawan saja pelakunya, lalu laporkan pada PSGA," tegasnya.
 
Menyikapi hal demikian, Mahasiswa semester satu program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Nuzunun Nikmah mengungkapkan sosialisasi ini sangat bermanfaat karena baginya tidak semua korban pelecehan seksual memiliki keberanian untuk melaporkan.
 
“Dari sosialisasi ini perlu sekali bagi kita sebagai mahasiswa untuk ikut andil menjadi pelopor pencegahan kekerasan seksual terutama di lingkungan kampus,” ungkapnya. (Eka, Irvan)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PSGA Sosialisasikan Penanganan Kekerasan Seksual Pada Mahasiswa

Trending Now