Best Viral Premium Blogger Templates

Warta Emprit Ganthil, Angkat Edukasi Lokal Berbasis Pertunjukan Seni

parist  id
Minggu, Juni 19, 2022 | 19:18 WIB
Pentas kolaborasi pertunjukan seni Warta Emprit Ganthil FK Metra Kudus, Jum'at (17/06/2022). 

PARIST.ID, Kudus - Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Kudus melakukan take video pertunjukan multidisiplin seni bertajuk "Warta Emprit Ganthil." Sebuah pertunjukan yang berisi pesan kepada masyarakat untuk tidak lengah terhadap protokol kesehatan.

Demikian itu disampaikan oleh Muhammad Zaini, Ketua FK Metra Kabupaten Kudus saat ditemui, Jumat malam (17/06/2022). Ia menjelaskan, anjuran tersebut dihubungkan dengan mitos lokal dukuh Piji Wetan Emprit Ganthil yang sering dimaknai sebagai pembawa berita duka dan mala petaka.

"Padahal sebenarnya kita diminta untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap bahaya," terang Zaini.

Koordinator Kampung Budaya Piji Wetan itu juga mengatakan, saat ini banyak masyarakat yang mudah terpengaruh budaya dan informasi dari luar serta melupakan pesan yang diwariskan oleh para leluhur.

"Emprit Ganthil juga makhluk gusti Allah, maka kita jangan mengusir ataupun mempercayai secara brutal bahwa Emprit itu membawa derita atau wabah," jelasnya.

Pertunjukan yang diperankan oleh 14 aktor dengan durasi 30 menit ini juga mengandung ajaran falsafah Sunan Muria yaitu Pager Mangkok dan Tapa Ngeli

"Pager mangkoknya itu anjuran bersedekah yang bisa menolak bala, sedangkan tapa ngeli artinya kita harus mengarus kalau ada informasi seperti ini (Emprit Ganthil, red), tapi jangan sampai terbawa arus," paparnya.

Oleh karena itu, sambung Zaini, melalui pertunjukan seni ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya menyaring informasi yang masuk dan melakukan kontemplasi atau tadabbur diri. 

"Ketika menerima informasi jangan langsung dimakan mentah-mentah, tetapi harus diresapi dan difilter (disaring, red) dulu sehingga yang keluar adalah sesuatu yang arif dan bijak," pesannya. (Sim, Anas)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warta Emprit Ganthil, Angkat Edukasi Lokal Berbasis Pertunjukan Seni

Trending Now