Best Viral Premium Blogger Templates

Dokumentasikan Karya, Teater Satoesh Rilis Zine Perdana

parist  id
Jumat, Juli 01, 2022 | 09:09 WIB

 

Foto : Istimewa 

PARIST.ID, Kampus – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Satoesh IAIN Kudus melaunching zine untuk kali pertama. Zine tersebut mengulas tentang Pentas Produksi “Sumur Tanpa Dasar” di Auditorium Universitas Muria Kudus pada Sabtu, (26/03/2022) lalu.

Bekerja sama dengan Kaswan Publishing, UKM Teater Satoesh mengajak penonton pentas STD untuk ikut mengomentari dan memberikan masukan terkait pementasan tersebut. Hal ini bermula dari keresahan Nopal selaku Pimpinan Produksi agar pentas "Sumur Tanpa Dasar" mendapat masukan dan respon dari masyarakat luar.

“Zine ini juga sebagai bentuk latihan kami agar terbiasa untuk menerima kritikan dan saran dari luar,” ungkap Nopal saat diwawancarai, Kamis (30/06/2022). 

Terdapat enam penulis yang mengisi di kolom zine tersebut, baik dari mahasiswa maupun dari pegiat teater. Di antaranya Tiyo Ardianto, Rizky Ngadono, Rhy Husaini, Petrus Budi, Hasyim Asnawi, dan Rizky Caesario. Nopal mengungkapkan tujuan pembuatan zine ini selain untuk mendokumentasikan karya juga sebagai branding Teater Satoesh kepada masyarakat luas.

“Kami juga perlu mengikuti perkembangan digital, paling tidak kita bisa mengarsipkan karya kita biar tidak hilang, salah satunya lewat zine,” tambahnya.   

Selain itu, kedepannya, Teater Satoesh berencana untuk membuat zine dari setiap naskah yang dipentaskan. Tak hanya dari penulis luar, Nopal berharap nantinya dari anggota Teater Satoesh sendiri dapat terlibat dalam pembuatan zine tersebut. 

“Jadi nanti ada dua zine yang terbit, dari luar dan dari anggota Satoesh,” harap Nopal.

Sementara itu, salah satu penulis zine STD ini, Rizky Ngadono cukup mengapresiasi rilisnya zine STD Teater Satoesh. Menurutnya, selain sebagai bentuk refleksi bagi Teater Satoesh, juga masih jarang ada teater kampus yang mendokumentasikan karya dalam bentuk zine.

“Bahkan di Kudus sendiri belum ada,” kata Rizky. “Harapannya, agar bisa ditiru dan dikembangkan oleh UKM Teater yang lain sehingga wacana pemikiran, kesenian dan kebudayaan di Teater Kudus semakin berkembang,” tambahnya. (rilis)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dokumentasikan Karya, Teater Satoesh Rilis Zine Perdana

Trending Now