Best Viral Premium Blogger Templates

Mahasiswa KKN-IK Batealit Sosialisasikan Aplikasi RISET

parist  id
Sabtu, Oktober 01, 2022 | 20:34 WIB
Mahasiswa KKN IK bersama siswa SMK Negeri 1 Batealit, Jepara. (Foto: KKN IK Desa Batealit)

PARIST.ID, Jepara - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi (KKN-IK) Desa Batealit, Jepara melakukan sosialisasi media pembelajaran Matematika berbasis Android. Sosialisasi ini mengajak siswa kelas XI SMK Negeri 1 Batealit menggunakan aplikasi RISET (Barisan dan Deret), pada Kamis (29/09/2022).

Kegiatan sosialisasi pembelajaran dilaksanakan untuk memperkenalkan salah satu karya mahasiswa Tadris Matematika IAIN Kudus, yaitu aplikasi RISET (Barisan dan Deret). Aplikasi RISET ini mendapatkan juara tiga lomba Media Pembelajaran tingkat nasional di Universitas Trunojoyo Madura.

Tujuan lain diselenggarakan kegiatan ini juga untuk menginovasi media pembelajaran serta mengawal digitalisasi pendidikan. Khusunya dalam mempersiapkan revolusi pendidikan Indonesia menuju society 5.0.

Salah satu tim kreator aplikasi Riset, Aliya Fitrahani mahasiswi Tadris Matematika, menjelaskan cara mengakses aplikasi ini yaitu dimulai dengan membagikan stiker kode Quick Response (QR) untuk mengunduh aplikasi RISET. Kemudian mulai memperkenalkan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

"Tadi kami sudah membagikan kode QR kepada siswa SMK Negeri 1 Batealit supaya mereka bisa men-download aplikasi sebagai tahap awal sosialisasi. Kemudian teman-teman juga diarahkan cara menggunakan fitur-fitur di dalamnya," jelasnya.

Para guru di SMK Negeri 1 Batealit juga mengapresiasi aplikasi RISET yang dibuat oleh mahasiswa dari jurusan pendidikan. Salah seorang guru Teknik Informatika SMKN 1 Batealit, Wahyudi mengaku proses sosialisasi ini mengagumkan, dengan mengajak siswa secara langsung bergabung menggunakan aplikasi RISET. 

"Ini menjadi hal yang cukup bagus, Mahasiswa berlatar belakang pendidikan namun bisa membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman yang biasa dilakukan program studi informatika atau komputer," ungkap Wahyudi. (KKN IK Desa Batealit)

Editor: Inna

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKN-IK Batealit Sosialisasikan Aplikasi RISET

Trending Now