Best Viral Premium Blogger Templates

Mahasiswa IAIN Kudus Gelar Penyuluhan Pencegahan Stunting di Desa Cangkring Demak

parist  id
Minggu, Desember 17, 2023 | 21:02 WIB


Mahasiswa IAIN Kudus Gelar Penyuluhan Pencegahan Stunting di Desa Cangkring Demak
Penyuluhan oleh mahasiswa AFI tentang upaya pencegahan Stunting pada anak (doc: panitia).

Mahasiswa Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) IAIN Kudus menggelar penyuluhan pencegahan Stunting di Desa Cangkring, Karanganyar, Demak, Jumat (08/12). Penyuluhan diikuti oleh  ibu-ibu dan calon ibu dari warga sekitar. 

Penyuluhan yang bertema "Pentingnya Pola Asuh dan Asupan Gizi dalam Pencegahan Stunting" ini disampaikan oleh mahasiswa AFI IAIN Kudus. Para mahasiswa ini menjelaskan bahwa Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak di bawah usia 5 tahun akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang. Stunting dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan fisik dan perkembangan otak, serta meningkatkan risiko penyakit kronis di masa dewasa.

Mahasiswa IAIN Kudus Gelar Penyuluhan Pencegahan Stunting di Desa Cangkring Demak


Dalam penyuluhannya, Para mahasiswa AFI ini menekankan pentingnya pola asuh dan asupan gizi yang baik untuk mencegah Stunting. Pola asuh yang baik meliputi pemberian kasih sayang, stimulasi, dan perlindungan. Asupan gizi yang baik meliputi pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, pemberian MPASI yang bergizi, dan menjaga kebersihan lingkungan.

Penyuluhan berlangsung dengan lancar dan sangat menyenangkan. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Penyuluh menyampaikan materi dan di selingi dengan Ice Breaking membuat suasana semakin seru. Sesi selanjutnya ada sesi tanya jawab dan Sharing. Bagi yang bertanya/Sharing tentang permasalahan/ kendala dalam pola asuh anak diberikan hadiah.

Penyuluh berharap, penyuluhan ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pencegahan Stunting. Dengan demikian, angka Stunting di Indonesia dapat ditekan.


Penulis: Dera Emilia Prastiwi, Fitri Nur Adinda, Nur Halisa, Retno Sari,  Resita  Mukarromah (mahasiswa Aqidah Filsafat Islam fakultas Ushuludin semester 5)

Isi tulisan sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa IAIN Kudus Gelar Penyuluhan Pencegahan Stunting di Desa Cangkring Demak

Trending Now