GKS, Gebrakan Kreatif Ala PGMI

Penampilan perdana bukan halangan untuk tampil semaksimal mungkin, dengan gebrakan gebrakan baru mahasiswa yang tergabung dalam Prodi PGMI semester tujuh. Rabu (2/11)
Foto : Arif/Paragraphfoto

PARIST- Beberapa tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia dipentaskan dengan apik oleh mahasiswa semester 7 program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAIN Kudus, dalam acara Gebyar Kreatifitas Seni (GKS) bertajuk “PGMI Berkarya Melalui Seni untuk Membagun Negeri”, Rabu (2/11/16) di GOR STAIN Kudus. Mahasiswa PGMI yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PGMI STAIN Kudus ini, juga menampilkan atraksi angklung, musikalisasi puisi hingga musik gamelan.

“Dalam acara GKS yang perdana ini, menampilkan  14 tarian.Sebagai pembuka acara tampil tarian gambyong, tari kretek, paduan suara dan penampilan perdana dari group karawitan,” terang Ni’matul Wafa selau ketua kegiatan.
Wafa menambahkan, penampilan utama pentas budaya ini adalah14 tarian dari berbagai daerah di Indonesia yang diperagakan 125 mahasiswa PGMI semester 7.Disela-sela pertunjukan utamapanitia menyuguhkan pentas selingan, berupa musikalisasi puisi, angklung maupun band. Musikalisasi puisi ditampilkan oleh mahasiswa semester 3, permainan angklung dari kelompok angklung Gema Nusantara PGMI, dan band dari mahasiswa semester 5.

“GKS yang terdiri dari 14 tarian mencakup semua jenis tarian mulai dari tari berpasangan, kelompok, hingga tari kreasi. Saya begitu puas dengan penampilan ke 14 penari walau hanya latihan selama 4 kali pertemuan,” tutur pembimbing tari, Rakanita Dyah Ayu Kinesti atau yang akrab dipanggil Ines.

Gebrakan

Kaprodi PGMI, Sulton menuturkan, lulusan PGMI STAIN Kudus haruslah memiliki katrampilan atau skill nonakademik, dan salah satu jalan untuk memilikinya dengan mengadakan GKS ini. Selain tari yang disajikan termasuk dalam mata kuliah dengan nol sks sama dengan kegiatan yang telah berlangsung seperti senam jum’at pagi dan Kursus Mahir Dasar (KMD) pada semester 6.
Selain itu, pria yang kerap memakai peci saat di kampus ini menambahkan, bahwa semua kegiatan yang telah dilaksanakan oleh PGMI merupakan syarat munaqasah. “Kesemua itu diantaranya, mulai senam Jum’at pagi, KMD dan GKS ini akan ada sertifikat untuk persyaratan munaqasah,” jelasnya.