Puluhan Pucuk Merah Bakal Hiasi Sungai Desa Cangkring

PARIST.ID, DEMAK- Puluhan bibit tanaman jenis Pucuk Merah bakal ditanam disepanjang pinggiran sungai Desa Cangkring, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Minggu (28/1/2018). Serah terima bibit dilaksanakan di halaman Balai Desa Cangkring. Kegiatan itu dilakukan guna mengurangi abrasi sungai  sekaligus memberi kesan asri di sekitarnya.

Foto : Dokumentasi Desa Cangkring
"Peduli Lingkungan Dengan Tanam," tema kegiatan yang diinisiasi Gerakan Pemuda Anshor Ranting Cangkring tersebut bermaksud untuk menggalang peran pemuda untuk memperhatikan dan membangun desa. Kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah organisasi masyarakat, seperti Karang Taruna, Pimpinan Ranting IPNU/IPPNU, Komunitas Pecinta Alam Demak Timur (KOPI ADAT), dan Peserta KKN STAIN Kudus.

Agus Febianto, selaku Ketua Anshor Ranting Cangkring mengatakan, untuk mengggerakkan persatuan pemuda desa, kegiatan semacam inilah yang dirasa cukup tepat untuk mengawalinya.

"Ini awal ikhtiar kami, setelah ini pemuda Desa Cangkring harus berkontribusi memajukan desa, entah apapun bentuk kontribusinya," ucapnya.

Selaras dengan Agus, Ali ahmadi, selaku sebagai ketua karangtaruna mengatakan k
e depannya, pengelolaan tanaman itu akan diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah desa dan masyarakat sekitar sungai. Namun, apabila ada suatu kendala, pemuda siap membantu menyelesaikannya.

Salah satu peserta, Arif maulana, salah satu pendiri Kopi Adat mengaku sangat bersyukur diadakan kegiatan seperti ini di desanya. Ia sangat senang bisa membantu melestarikan lingkungan di dalam desa. Menurutnya, ia sering mengikuti kegiatan seperti ini di luar desanya, namun belum pernah di desanya sendiri.

“Saya sangat senang dengan kegiatan yang melibatkan alam seperti ini, saya sering mengikuti kegiatan seperti ini di desa lain, seperti penanaman mangrove di sayung, bersih-bersih sampah di pantai Glagah Wangi, Karang Tengah, namun belum untuk di desa sendiri. Saya harap kedepan bukan hanya penanaman, tapi juga sampah harus juga diperhatikan,” ujarnya.

Kepala Desa Cangkring,  Imam Jaswadi, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pemuda ini. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat bagus untuk desa. Ia juga senang kalau misalkan ada pemuda-pemuda yang aktif membangun desa. Ia juga memperingatkan agar merawat bibit Pucuk Merah yang akan ditanam nantinya.

“Saya menerima dengan baik apa yang dilakukan oleh pemuda kali ini, lanjutkan saja, tapi saya harap jangan hanya menanam saja, tapi juga ada tindak lanjutnya," katanya. (Arif/FMH)