Habib Bidin : Asy-Syauq Rebana Inspiratif




KAMPUS, PARIST.ID- Ketua Rijalul Ansor Jawa Tengah, Habib Ali Zaenal Abidin Assegaf, menyebut bahwa kualitas JQH Asy-Syauq bisa dibilang mumpuni. Kreativitas dan produktivitasnya juga telah menginspirasi banyak grup rebana untuk berkarya melalui sholawat.

Hal itu ia katakan saat memimpin acara sholawatan yang diselenggarakan oleh JQH Asy-Syauq di Gedung Olah Raga (GOR) IAIN Kudus, Selasa (17/4/2018), siang. Sholawatan tersebut adalah puncak dari rangkaian acara Pesona Milad JQH Asy-Syauq ke-22.

“Siang ini sangat meriah sekali. Saya senang sekali bisa hadir di hadapan para mahasiswa IAIN Kudus. Dan khususnya JQH Asy-Syauq yang tak pernah berhenti menciptakan karya-karya luar biasa melalui nada-nada sholawat yang indah dan menyentuh,” ungkapnya.

Menurutnya, selama ini cukup banyak karya JQH Asy-Syauq yang telah umum di telinga pecinta sholawat. Dan banyak juga group rebana yang menjadikannya sebagai rujukan dalam meningkatkan kualitas karyanya. Bahkan, JQH Asy-Syauq telah  andil dalam mempelopori berdirinya Unit Kegiatan Mahasiswa Rebana Modern Universitas Negeri Semarang (UKM Remo Unnes).  

“Bahkan, Az- Zahir sendiri sering melantunkan sholawat karya Asy- Syauq. Yang paling sering itu Sholawat yang berjudul Ya Hayatir Ruh.  Bagi saya sholawat itu sangat menyentuh dan cukup sulit untuk ditirukan,” ujarnya sesaat sebelum melantunkan sholawat Ya Hayatir Ruh.

Terkait dengan milad, lanjut Habib Bidin, ia berharap JQH Asy-Syauq dapa menjadi magnet bagi seluruh mahasiswa IAIN Kudus agar selalu mencintai Nabi Muhammad dan Sholawat. Serta, dapat memberikan tauladan yang baik bagi seluruh elemen masyarakat secara umum.

“Semoga sukses selalu. Semoga semakin berkah. Semoga mampu terus menjadi panutan bagi mahasiswa yang lain untuk tetap berjalan dan berjuang di jalan Allah,” harapnya. (Faqih)