Pelantikan Bersama DEMA dan SEMA Fakultas Tarbiyah

KAMPUS - Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus secara bersama-sama mengadakan pelantikan kepengurusan baru periode 2019 di Gedung Jurusan lantai 3 IAIN Kudus, Rabu (13/02/2019).

Dalam pelantikan tersebut, Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. H. Abdul Karim, M. Pd, menjelaskan besarnya tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh  DEMA dan SEMA Fakultas. Selain menjalankan dan mengendalikan roda kepemerintahan di tingkat fakultas, pengurus DEMA dan SEMA terpilih harus mampu menyerap aspirasi dan keluh kesah mahasiswa se-Fakultas Tarbiyah.

“Hal itu bisa dilakukan misalnya dengan mengadakan sharing atau pertemuan antar mahasiswa program studi setiap satu pekan sekali guna mendengarkan isu-isu yang sedang hangat di tengah mahasiswa," jelas Abdul Karim.

Berangkat dari isu-isu tersebutlah, lanjut Karim, nantinya akan dirumuskan sebuah solusi dan kebijakan-kebijakan yang berguna untuk menjaga solidaritas antar mahasiswa se-Fakultas Tarbiyah.

"DEMA dan SEMA harus saling berintegrasi untuk merumuskan kegiatan kegiatan yang dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan antar mahasiswa," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III, H. Ihsan M.Ag, M.Si, yang turut hadir dalam pelantikan tersebut mengatakan bahwa terjalinnya komunikasi yang baik serta adanya tukar pikiran dan gagasan antar sesama anggota DEMA dan SEMA dapat dijadikan bekal menjalankan kepemimpinan selama satu tahun ke depan.

"Tugas DEMA dan SEMA adalah untuk mengawal tercapainya etos keilmuan khususnya di Fakultas Tarbiyah. Tanpa komunikasi yang baik, tugas ini sulit tercapai," jelasnya.

Selain itu, sebagai elite tinggi yang menaungi fakultas terbesar se-IAIN Kudus --dengan memiliki porsi mahasiswa terbanyak-- pengurus DEMA dan SEMA Fakultas Tarbiyah harus menunjukkan tingkat religiusitas lebih tinggi dibanding mahasiswa lain.

"Religiusitas itu dapat diimplementasikan dalam bentuk tingkah laku bergaul, perilaku sehari hari serta komunikasi yang baik," kata Ihsan.

Terakhir, Ihsan berpesan kepada seluruh pengurus terpilih DEMA dan SEMA Fakultas Tarbiyah untuk menjadi manusia yang memiliki sopan santun dan etika yang luhur sebagai bentuk menjaga marwah keislaman kampus. [RIANA]