KPN Ajak Mahasiswa Teladani Ketokohan Tjokroaminoto


PARIST.ID, KAMPUS - Dalam rangka membangkitkan jiwa kritis mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Pecinta Nalar (KPN) mengadakan nonton bareng dan bedah film yang berjudul Sang Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto. Acara yang bertema "Menggali Jiwa Kritis Mahasiswa Melalui Kacamata Historis" dilaksanakan di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) IAIN Kudus, Rabu (20/03/2019).
foto bersama anggota KPN bersama pemateri Aat Hidayat setelah nonton bareng, bedah film dan bedah buku "HOSTJOKROAMINOTO".

Acara yang berlangsung kurang lebih lima jam tersebut, menghadirkan Aat Hidayat M. Pd. I sebagai pembedah film yang disutradarai oleh Garin Nugroho. 

"Sebagai manusia kita harus selalu membaca, berwacana, menulis dan bergerak," pesan Aat Hidayat mengenai ulasan Film yang diperankan Reza Rahardian itu.

Ketua umum KPN Silva Taakhurin, berharap dengan adanya acara ini bisa sedikit membuka cakrawala dan kritis berfikir mahasiswa.

"Kita bisa belajar dan meneladani tokoh sang guru bangsa HOS Tjokroaminoto," katanya.

Bersamaan dengan itu, Nandita Hapsari selaku ketua panitia mengaku memilih film tersebut karena sosok HOS Tjokroaminoto bukan sekadar pahlawan, akan tetapi sebagai tokoh yang melahirkan orang-orang hebat pembawa perubahan bangsa Indonesia, seperti sang proklamator Indonesia dan Sami’un.

Uut, tamu undangan dari UKM Teater Satoesh mengapresiasi acara tersebut karena sangat jarang diadakan di IAIN Kudus.

"kalau bisa ke depannya acara yang membangun jiwa kritis mahasiswa ini diadakan yang lebih meriah lagi, bahkan kalau bisa berkolaborasi dengan organisasi-organisasi lain," jelasnya. (Wafi)