Pesan Bawaslu: Millenial Harus Jadi Pemilih Cerdas


PARIST.ID, KUDUS - Millenial khususnya pemilih pemula harus berani menentukan pilihan sendiri. Jangan sampai pengalaman pertama kali memilih dikendalikan oleh orang lain. Karena apa yang akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan adalah hasil dari pilihan kita sendiri.

Hal tersebut disampaikan oleh KPU Kudus bagian teknik, Dani Kurniawan, dalam acara yang diadakan Polres Kudus Focus Grup Doscussion (FGD) dengan tema "Partisipasi Kelompok Millenial Dalam Antisipasi Golput Guna Menyukseskan Pilpres dan Pilleg 2019 yang Aman, Damai dan Sejuk" di @Home Hotel Kudus, Rabu (20/03/2019).

Acara tersebut dihadiri oleh KPU Kudus bagian Tehnik Dani Kurniawan, Bawaslu Wahibul Minan, Dosen IAIN Kudus Dr. Abdul Jalil dan segenap jajaran Kapolres Kudus.

Millenial khususnya pemilih pemula jangan sampai menerima praktik transaksional seperti adanya money politik. Karena nasib Indonesia dimasa depan ditentukan oleh pemilihan serentak yang berlangsung selama satu hari.

"Jangan tergiur dengan uang dan jangan mengukur jumlah yang diberikan banyak itulah yang dipilih ataupun sebaliknya. Millenial harus memilih dengan hati nurani," pesan Dani Kurniawan kepada peserta FGD.

KPU Kudus, lanjut Deni sudah melakukan usaha ke beberapa tempat yang dapat dijangkau untuk diberikan sosialisasi mengenai money politik.

"Untuk millenial pemilih pemula yang masih bingung bagaimana track record caleg, kalian dapat mengunjungi website infopemilu.kpu.go.id karena disitu sudah ada data lengkap mengenai calon," jelasnya. "Dengan bekal informasi yang didapat, diharapkan millenial dapat menentukan pilihan dengan hati nurani dan tidak tergantung pada money politik," tambah Dani.

Senada denngan Dani, Dosen IAIN Kudus Abdul Jalil berpesan Untuk millenial yang masih gusar dengan adanya money politik yang masih berkembang di masyarakat, tidak usah demo dan lantas menyalahkan KPU. 

"Semuanya bisa diutarakan baik-baik dengan melakukan audiensi, datangi yang punya kewenangan dan sampaikan apa yang menjadi buah pikiran kalian," jelasnya. (Aang/Fal)